Unikama Lolos Pendanaan untuk Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2024

Unikama – Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) telah berhasil meraih pendanaan untuk beberapa program unggulan dalam bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pemberdayaan kewirausahaan serta kewilayahan untuk tahun anggaran 2024. Hal ini disampaikan melalui Surat Edaran dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Direktorat Jenderal Riset dan Teknologi Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi dengan nomor 0667/E5/AL.04/2024 dan nomor 0193/E5/AL.04/2024.

Tim Unikama yang terlibat dalam program-program tersebut meliputi 10 tim untuk Pendanaan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), 12 tim untuk Pendanaan Program Penelitian, serta 1 tim untuk Program Pengabdian kepada Masyarakat Skema Pemberdayaan Berbasis Kewirausahaan dan Kewilayahan.

Dr. Ir. Enike Dwi Kusumawati, S.Pt., MP., IPM., sebagai Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Unikama, menyampaikan harapannya terhadap para dosen yang terlibat dalam pengusulan litabmas DRTPM Kemdikbudristek 2024. Beliau menekankan pentingnya kerja keras, kecerdasan, dan ketelitian para dosen dalam mematuhi panduan litabmas 2024, serta memberikan dorongan bagi mereka yang belum berhasil tahun ini untuk terus memperbaiki dan mengusulkan proposal pada tahun berikutnya.

Dr. Ir. Enike Dwi Kusumawati, S.Pt., MP., IPM., Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Unikama

“Selamat kepada para dosen Unikama, khususnya para pengusul Litabmas DRTPM Kemdikbudristek 2024. Kerja keras, cerdas, dan cermat Bapak/Ibu Dosen dalam mencermati dan mentaati panduan Litabmas 2024 telah berbuah manis. Bagi yang belum diterima tahun ini, proposal tersebut adalah modal untuk bisa diperbaiki dan diusulkan tahun depan.” ujar beliau.

Dr. Enike juga mengucapkan terima kasih kepada para mitra litabmas dan semua pihak yang telah membantu. Kerjasama yang baik ini, menurut beliau, perlu terus dipupuk dan dikembangkan agar program litabmas yang didanai dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang diharapkan. Ke depan, penting untuk mencermati panduan bersama, melakukan kunjungan awal untuk mendata kondisi calon mitra, menulis draft proposal lebih awal, serta melakukan pendampingan dari ide hingga presentasi dan visitasi untuk program multitahun yang lebih intensif.

Salah satu program unggulan yang didanai adalah program yang dipimpin oleh Dr. Rosita Dwi Ferdiani, ST., M.Pd dari Fakultas Sains dan Teknologi. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan omset pengrajin mebel di Randusari, Pasuruan, serta memperluas pasar mebel tersebut menuju pasar ekspor. “Pendanaan ini akan membantu mitra untuk meningkatkan kapasitas produksi melalui penambahan alat produksi berupa mesin CNC berbasis Android. Mesin CNC ini akan memudahkan pengrajin mebel untuk mengontrol produksinya dan mengurangi adanya human error karena bisa diakses melalui HP Android,” jelas Dr. Rosita.

Dr. Rosita Dwi Ferdiani, ST., M.Pd dosen Fakultas Sains dan Teknologi, salah satu Ketua Tim PKM Unikama yang lolos pendanaan

Selain itu, program ini juga mencakup pembuatan e-katalog produk, pemasaran melalui e-commerce, dan pembuatan sistem cloud computing untuk memudahkan pengaturan keuangan. Dr. Rosita menambahkan bahwa dampak yang diharapkan dari program ini adalah peningkatan kapasitas produksi hingga 70%, peningkatan kemampuan pengrajin dalam memasarkan produk, membuat strategi pemasaran, serta kemampuan dalam mengelola keuangan sebesar 80%.

Dengan dukungan pendanaan dan komitmen dari para dosen serta pihak terkait, Unikama berharap dapat terus berkontribusi dalam pengembangan masyarakat dan pemberdayaan ekonomi lokal melalui program-program inovatif yang dilaksanakan.