Unikama Tingkatkan Kapasitas Produksi dan Pemasaran Mebel Randusari Melalui Workshop

Unikama – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan Skema Pemberdayaan Mitra Usaha Produk Unggulan Daerah (PM-UPUD) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, yang dipimpin oleh Dr. Rosita Dwi Ferdiani, S.T., S.Pd., M.Pd., sukses menyelenggarakan workshop pada Senin (26/8/2024) di Kelurahan Randusari, Kota Pasuruan. Workshop ini ditujukan untuk memberikan pelatihan kepada para pengusaha mebel di daerah tersebut, dengan melibatkan Mebel Nuras Jaya yang dipimpin oleh Bapak Raswanto dan Mebel Ike yang dipimpin oleh Ike Melani Sofi.

Workshop tersebut mengusung dua tema utama. Tema pertama adalah “Implementasi Mesin CNC Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi Industri Mebel Randusari, Pasuruan” yang dipresentasikan oleh Danang Aditya Nugraha, S. St., M.T. Tema kedua adalah “Implementasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Pemasaran Mebel Randusari di Era Digital” yang disampaikan oleh Anggri Sartika Wiguna, S. Si., M.T. Kedua tema ini dirancang untuk membantu pengusaha mebel mengatasi tantangan yang mereka hadapi dalam proses produksi dan pemasaran.

Foto bersama dengan Lurah Randusari, Wahyudi, S.E, M.M. (tengah) bersama dengan Tim PM-UPUD Unikama yang diketuai oleh Dr. Rosita Dwi Ferdiani, S.T., S.Pd., M.Pd.

“Dengan mengadopsi teknologi CNC berbasis Android dan strategi e-commerce, diharapkan industri mebel di Randusari dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing mereka di pasar yang semakin kompetitif.” jelas Dr. Sri Wilujeng, S.E, M.M Dosen Manajemen Unikama.

Selama workshop, Tim PM-UPUD Unikama memberikan solusi praktis untuk masalah yang dihadapi oleh Bapak Raswanto dan Ike Melani Sofi. Salah satu solusi yang diberikan adalah penyediaan alat produksi seperti mesin CNC berbasis android, mesin pemotong kayu, dan kompresor. Selain itu, workshop juga mencakup pelatihan tentang penggunaan mesin CNC dan Implementasi E-Commerce untuk meningkatkan efisiensi produksi dan memperluas pasar produk mebel.

Pemeragaan Mesin CNC oleh Tim PM-UPUD Unikama

“Mesin CNC berbasis android memungkinkan para pengrajin mebel untuk membuat desain yang lebih rumit dan presisi dengan lebih mudah. Mesin pemotong kayu membantu mempercepat proses pemotongan bahan baku dengan hasil yang lebih rapi dan konsisten. Sementara itu, kompresor digunakan untuk berbagai keperluan seperti pengecatan dan pembersihan peralatan.” terang Wahyudi Harianto, S.Kom, M.Si., Dosen Teknik Informatika yang juga merupakan salah satu Tim PM-UPUD Unikama ini.

Dengan kegiatan ini, diharapkan pengusaha mebel di Randusari dapat memanfaatkan teknologi dan strategi pemasaran digital untuk mengembangkan usaha mereka. Tim PM-UPUD Unikama yang terdiri Dr. Sri Wilujeng, S.E, M.M., Wahyudi Harianto, S.Kom, M.Si., dan Muchamad Hengki Riawan Putra, S.T., S.H., M.T., M.M (Dosen Universitas PGRI Wiranegara) berharap bahwa upaya ini akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan kapasitas produksi dan daya saing produk mebel di era digital.