Menu

Bersama Petugas Gabungan Polsek Desa Ampelgading, Mahasiswa KKN Unikama Lakukan Razia Masker

Unikama – Sebagai upaya menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 bersama petugas gabungan yang terdiri dari Kepolisian, TNI, Satpol PP dan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) Tahun 2020 kelompok 33 melakukan Razia Masker di sepanjang jalan sekitaran balai Desa Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kepala Desa Ampelgading Agus Supriadi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat desa Ampelgading dalam memerangi Covid-19 dikarenakan menurutnya penyakit ini sangatlah berbahaya oleh karenanya kita harus melawannya dengan penuh kesadaran dan disiplin, baik disiplin menggunakan masker, maupun mencuci dengan sabun atau handsanitizer.

“Bagi pengendara yang melintasi jalan dan tidak memakai masker, petugas tidak segan untuk memberikan sanksi berupa tindakan tegas. Sanksi tersebut bisa berupa push up, sit up, pengucapan Pancasila, menyanyikan lagu kebangsaan hingga penyitaan KTP untuk jangka tertentu. Operasi ini dilakukan untuk mencegah serta menurunkan penyebaran COVID-19,” kata Kepala Desa Ampelgading.

Sementara itu, Polsek Tirtoyudo menerangkan bahwa kegiatan ini penting sekali untuk mencegah penularan Covid-19. Meski Desa Ampeldaging masih tergolong Zona Hijau, tetapi tetap harus waspada. Jangan sampai Desa Ampelgading ini menjadi Zona Merah. Status Zona Hijau Desa Ampelgading harus dipertahankan.

“Harapan saya, masyarakat desa Ampelgading tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker setiap keluar rumah dan selalu cuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer,” ucapnya.

Koordinator Desa (Kordes) KKN Unikama, Marten Maru menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan perdana bagi mahasiswa KKN Unikama Desa Ampelgading ketika sampai di tempat KKN. Ia  juga menyampaikan terimakasih kepada pihak desa dan petugas gabungan Polsek Ampelgading yang telah melibatkannya bersama teman-teman mahasiswa KKN dalam kegiatan tersebut.

“Saya mewakili teman-teman mahasiswa KKN Unikama Desa Ampelgading mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa dan jajaran serta seluruh petugas gabungan Polsek Ampelgading yang telah melibatkan kami dalam kegiatan ini. Ini merupakan suatu awal yang baik bagi kami untuk lebih dekat dengan pihak desa dan masyarakat sekitar. Kami juga sangat mengharapkan kerjasama dari semua pihak untuk mendukung pelaksanaan kegiatan KKN kami ke depannya” imbuhnya.

Sementara itu, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Romadhon, M.Pd berpendapat bahwa Kegiatan ini merupakan kolaborasi yang bagus antara mahasiswa KKN dengan aparatur pemerintah desa setempat guna bersama sama memerangi pencegahan virus Covid-19 terutama di Desa Ampelgading.

“Saya berharap masyarakat tak berhenti pada pembagian masker, pola hidup sehat ke depan harus menjadi trend masyarakat agar mampu meningkatkan imun dalam diri masing-masing. Aksi ini merupakan tanggungjawab moral dan sosial agar masyarakat semuanya bisa memahami pentingnya menjaga kesehatan di era pandemi ini,” tambahnya.

Mengingat, kesadaran masyarakat akan hidup sehat masih rendah, sehingga sinergitas saling mengingatkan menjadi pondasi utama dalam era new normal.