Menu

Budidayakan Ikan Nila Pada Lahan Sempit Jadi Ide Kreatif Mahasiswa KKN Unikama di Desa Mendalanwangi

Unikama – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) membantu masyarakat menjaga ketahanan pangan dan perekonomian di masa pandemi Covid-19. Mahasiswa KKN kelompok 37 dengan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Anindya Bidasari, SH.,M.Kn, yang berada di Desa Mendalanwangi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang ini membuatkan kolam budidaya Ikan Nila untuk warga setempat.

Maria Anggrita Eilu Beili selaku Ketua kelompok menerangkan bahwa tujuan mereka untuk budidaya ikan nila ini tidak lain untuk menjaga ketahanan pangan dan perekonomian warga masyarakat Desa Mendalanwangi.

“Ikan Nila ini jika sudah siap dipanen bisa dijual oleh warga masyarakat setempat bahkan dikonsumsi sendiri. Budidaya ikan nila ini kami buat untuk umum, jadi yang mengelola warga masyarakat setempat. Kami berharap warga bisa benar-benar mengelola budidaya ikan ini dengan baik dan kedepannya bisa meningkatkan perekonomian warga,” ungkapnya.

Di masa pandemi Covid-19 ini warga masyarakat harus mampu berinovasi untuk mendapatkan penghasilan.

“Sebelumnya warga memang kebingungan, adanya pandemi Covid-19 membuat penghasilan mereka menurun. Ditambah lagi sebagian petani gagal panen padi dan jagung disebabkan oleh hama. Jadi, kami membantu mereka melalui budidaya ikan nila meskipun dengan bahan seadanya untuk pembuatan kolam,”tambahnya.

Untuk pembelian bibit ikan nila didapatkan dari iuran mahasiswa, sedangkan bahan pembuatan kolam sangat sederhana yang terdiri dari genteng kemudian disusun menyerupai kolam dan dilapisi oleh terpal yang disediakan oleh pihak Desa Mendalanwangi.

Lahan tempat pembuatan kolam juga disediakan oleh Kepala Desa (Kades) M.Sahroni, S.Pt. Ia sangat mengapresiasi ide kreatif mahasiswa yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

“Meskipun dengan bahan sederhana,namun kolam tersebut sangat layak digunakan untuk budidaya ikan nila. Saya berterimakasih kepada mahasiswa KKN Unikama yang telah memiliki ide seperti ini, kedepannya saya dan warga setempat akan mencoba memperbaiki kolam budidaya tersebut agar terlihat lebih baik lagi dan dapat menghasilkan banyak ikan nila,”ujarnya.

Pria yang akrab disapa Roni ini juga mengatakan bahwa pembuatan kolam ikan  tidak perlu lahan yang luas, cukup di pekarangan rumah agar pemeliharaannya tetap terjaga dan terkontrol.

Di tengah pandemi Covid-19 ini peran mahasiswa untuk membantu masyarakat sangat diperlukan. Ide kreatif mereka dapat membangkitkan semangat warga masyarakat untuk terus produktif dan dapat menghasilkan sesuatu di masa pandemi Covid-19.