Menu

CDC Unikama Siapkan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja

UNIKAMA – Trik melamar kerja memang merupakan skill yang sangat mahal dan juga jarang dimiliki. Untuk itu, Career Development Center (CDC) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) memberikan Pelatihan Persiapan Psikotes dan Wawancara Kerja pada ratusan calon alumni Unikama di Auditorium Multikultural, kemarin. Pemateri sendiri dosen Bimbingan Konseling (BK) Unikama yaitu Khairul Bariyah, M.Pd. yang memberi materi trik-trik jitu bagaimana pengerjaan psikotes dan tata cara wawancara kerja.

CDC atau Pusat Pengembangan Karir (PPK) Unikama merupakan lembaga yang dikhususkan untuk menyalurkan informasi lowongan pekerjaan pada alumni-alumni Unikama. Unit ini sangat bermanfaat sekali karena informasi ini sangat berpengaruh untuk alumni di kemudian hari. PPK juga menyarankan mahasiswa atau alumni selalu update dengan cara memfollow Instagram (IG) @PPKunikama. Karena di sini akan selalu update lowongan-lowongan pekerjaan, latihan-latihan soal psokotes dan beberapa trik wawancara dengan perusahaan.

“Kita sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan, ini akan sangat menguntungkan bagi Unikama dan alumni-alumninya. Untuk masuk dalam sebuah perusahaan tidaklah mudah, banyak sekali test yang harus kita lalui. Pada umumnya yang sering kita temui adalah Psikotes dan Wawancara. Hal yang paling penting kita perlu tingkatkan kemampuan IT dan Bahasa. Hal tersebut merupakan kemampuan dasar untuk bekerja,” ujar Khairul Bariyah,M.Pd.

Apa yang diputuskan hari ini akan berpengaruh untuk kedepannya. Khairul Bariyah, M.Pd juga mengingatkan mahasiswa untuk tidak menunda-nunda dalam mencari pekerjaan. Apa yang kita lakukan semakin cepat akan semakin cepat pula kita mendapatkan hasilnya. Semakin kita menunda-nunda semakin lama juga kita dapatkan hasilnya. (ash)