Menu

Cegah Penyebaran Covid-19, PMII Unikama Bagikan Handsanitizer dan Masker untuk Masyarakat Sekitar

UNIKAMA- Sejak menyebarnya Covid-19 di Jawa Timur (Jatim) banyak sekali gerakan sosial untuk membantu memutus rantai penyebarannya. Seperti yang dilakukan mahasiswa PMII (Penggerakan Mahasiswa Islam Indonesia) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama). Mereka mengadakan kegiatan sosial dengan membagikan sejumlah handsanitizer dan masker untuk warga masyarakat.

Awalnya mahasiswa PMII Unikama ini menggalang dana berupa uang, bahan makanan, masker dan handsanitizer. Selain dari penggalangan dana, mereka juga melakukan iuran anggota dan organisasi. Setelah itu, mahasiswa PMII ini membagikannya kepada warga masyarakat.

“Kami melakukan gerakan sosial ini karena merasa iba dengan apa yang terjadi di Bumi Indonesia. Semakin bertambahnya korban yang positif Covid-19. Sebagian orang juga belum menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan seperti menggunakan masker dan handsanitizer,” ungkap Roby Dwi Ardyansyah selaku Ketua PMII Unikama.

Kegiatan yang dilaksanakan Rabu (08/04/2020) dilakukan oleh beberapa mahasiswa yang masih stay di Kota Malang.

“Kami yang berjumlah kurang lebih 15 orang ini membagikan masker dan handsanitizer di sekitar Jalan Supriadi dan kawasan Unikama. Sasaran kami sebenarnya adalah pekerja lepas harian dan masyarakat yang masih bekerja harian, seperti tukang becak, penjual, tukang sampah, dll,” papar Roby mahasiswa semester 8 dari Program Studi (Prodi) Matematika.

Masih banyak sekali masyarakat yang belum terlalu menyadari akan pentingnya penggunaan masker dan handsanitizer. Dengan kegiatan inilah, setidaknya mereka bisa sadar dan terus berusaha menjaga kesehatannya.

Salah satu masyarakat yang menerima bantuan ini mengaku sangat senang sekali.

“Kami sangat berterimakasih dan senang sekali masih banyak mahasiswa yang peduli membantu sesama. Kami terpaksa harus bekerja demi memenuhi kebutuhan ekonomi di rumah,” ujar Ahmad salah satu penerima sumbangan.

Roby dan kawan-kawan berharap gerakan sosial seperti ini bisa menjadi contoh bagi kalangan pemuda serta siap menjadi garda terdepan membantu pemerintah memberantas Covid-19. Sedangkan untuk tim medis, semoga selalu semangat dan tetap sehat untuk menjadi garda terdepan penanganan pasien Covid-19.