Menu

Gelar Sosialisasi, Unikama Kirimkan PPG ke Sekolah Terpencil

UNIKAMA – Sejak mendapatkan SK Program Profesi Guru (PPG) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) gencar melakukan sosialisasi. Sosialisasi yang diadakan di Ruang Abdoel Radjab Senin lalu (1/7) bertujuan untuk penyebaran 69 mahasiswa PPG ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

Dr. Sudi Dul Aji, M.Si mengungkapkan bahwa akan ada 53 mahasiswa yang dikirim ke NTT dan 16 lainnya disebar ke seluruh Indonesia.

“Pihak pemerintahan ingin meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya melalui program PPG, yang nantinya akan diajarkan saat mengajar dikelas dan bagaimana cara mengendalikan murid-murid. Saat menempuh pendidikan S1 sebenarnya mahasiswa sudah memperoleh ilmu tersebut, tetapi kami ingin merefresh dan meningkatkan sejauh mana pemahaman mereka yang nantinya akan di praktikkan langsung di lapangan” ungkapnya.

Di Indonesia masih ada beberapa daerah yang bahkan belum tersentuh oleh pendidikan dan ada pula yang sudah tetapi masih sangat minim sekali. Para mahasiswa akan disebar dalam dua kategori yaitu sekolah yang sudah terdapat jaringan internet dan yang belum terjaring internet seperti didaerah terpencil.

Tentunya semua itu memiliki tujuan yaitu supaya mahasiswa menjadi seorang pendidik yang berkompeten dan bisa menghadapi situasi dimanapun mereka akan ditempatkan untuk mengajar.

“Nantinya mahasiswa akan mendapatkan sertifikat pendidik sebagai bagian dari mereka bahwa mereka telah menjadi guru yang professional dan berkompeten dibidangnya,” tambahnya. Diharapkan untuk para mahasiswa 16 yang tersebar dan 53 di wilayah timur dan juga satu angkatan di dalam PPG ini bisa lulus 100%. Namun untuk itu semua mereka juga harus bekerja keras untuki bisa mendapatkan nilai terbaik dari uji kinerja dan daring aktifitas disekolah. (ash)