Menu

Generasi Zaman Now Harus Cerdas dan Tangkas

UNIKAMA – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Dr. Zulkifli Hasan, SE, MM, menilai penguatan persatuan harus kembali digiatkan untuk mengkokohkan merah putih.

“Generasi zaman now harus bangga dengan identitas bangsa untuk menjahit persatuan dan kesatuan,” kata Zulkifli dalam kuliah tamunya di Universitas Kanjuruhan Malang, Sabtu (28/10/2017).

Zulkifli mengatakan Indonesia memiliki sejarah panjang. Sejak dari masa kerajaaan, Indonesia sudah berbeda-beda karena beragam suku, bangsa, dan budaya.

“Setelah itu, muncul kesadaran untuk menjadi satu bangsa yang puncaknya pada Sumpah Pemuda ini,” tambahnya.

Ia berpesan generasi zaman now, harus bangga dengam budaya daerah masing-masing dan jangan sampai turun rasa kebangsaan. Pemuda saat ini juga dikatakannya, harus cerdas dan tangkas, berilmu dan kosmopolitan.

“Keragaman itu merupakan sebuah kekayaan budaya bangsa yang harus dijaga. Ini juga harus mengakar untuk menjahit merah putih yang memperkokoh persatuan,” terangnya.

Selain itu, ia juga menyebutkan pemuda saat ini harus menjadikan Pancasila sebagai pandangan dan menjadi perilaku. Sebab, dengan memegang erat itu, tidak akan ada saling memecah ataupun menjatuhkan.

“Terakhir saya pesan kepada adik-adik untuk terus rajin belajar. Karena prestasi dan keberhasilan tidak tercapai dengan kemalasan,” tandasnya. (TI)