Menu

Juara III Lomba Karate, Mahasiswa Unikama Beberkan Rahasia Kiat-Kiat Raih Prestasi

UNIKAMA – Indra Cahya Putri merupakan mahasiswa semester 2 Program Studi (Prodi) Akuntansi Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) ini berhasil raih juara III dalam Bupati Blitar Cup-V. Kejuaraan Karate Terbuka se-Jawa Timur ini diselenggarakan di GOR Soekarno Hatta Blitar (29 Februari – 1 Maret 2020).

“Awalnya karate adalah hobi saya sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), selain itu tidak banyak yang saya persiapkan untuk mengikuti perlombaan ini. Saat proses latihan saya memiliki target, karena harus membagi waktu antara kuliah dan bekerja,” ungkap Indra Cahya Putri.

Tidaklah mudah membagi waktu untuk kuliah dan bekerja, tetapi mahasiswa yang akrab disapa Indra ini sangat yakin bahwa tidak ada usaha yang sia-sia. Kesuksesan itu tidak dapat diraih dengan mudah.

“Butuh perjuangan memang untuk kita meraih sukses, seusai bekerja saya harus kuliah di malam harinya. Tetapi karate memang hobi saya dari dulu jadi, setiap kali latihan saya mengupayakan agar tubuh saya fit agar bisa maksimal,” ujarnya.

Ia juga menceritakan, dukungan dan motivasi dari ayahnya yang membuat dirinya sukses raih prestasi. Jalan sukses setiap orang memang berbeda-beda.

“Mungkin ini jalan saya harus kuliah sambil bekerja. Biaya kuliah saya peroleh dari beasiswa karate, dan saya bekerja untuk membantu ibu saya, karena ayah saya sudah tiada. Kedepannya saya ingin mengikuti kompetisi yang lebih tinggi lagi dan bisa raih juara I,” tambahnya.

Sebagai mahasiswa, sudah seharusnya fokus menata masa depan. Kuliah jangan hanya dijadikan ajang untuk gengsi. Belajar, berusaha dan terus berdoa merupakan kiat utama yang harus dilakukan mahasiswa.

“Banyak sekali atlet yang mengikuti Bupati Blitar Cup-V Kejuaraan Karate ini sekitar 1200 peserta, bertarung mengalahkan mereka tidaklah mudah, semua atlet hebat-hebat. Penguasaan teknik dan fokus sangat diperlukan disini agar bisa menjadi juara. Sebenarnya, saya tidak memiliki target harus juara. Hanya saja, saya berusaha menampilkan yang terbaik dan semaksimal mungkin. Akhirnya usaha ini tidak sia-sia, saya sangat bangga bisa raih juara III dan harumkan nama Unikama,” tutupnya.

Kedepannya ia berharap agar mahasiswa Unikama selalu berusaha agar menjadi yang terbaik, terus belajar, berusaha dan berdoa agar memiliki masa depan yang baik. Selain itu, mereka juga dapat meraih prestasi untuk harumkan nama Unikama. Sedangkan untuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unikama, bisa terus berkembang dan raih banyak prestasi di berbagai bidang.