Menu

Lakukan Gathering, HMPS TI Ingin Kegiatan Technowars Lebih Baik Lagi

UNIKAMA – Dalam setiap Organisasi tentu membutuhkan kerjasama dan kekompakan dalam tim agar bisa lancar dalam melaksanakan Program Kerja (Proker). Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Teknik Informatika Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mengadakan gathering yang diikuti oleh 66 orang yakni anggota baru, senior dan alumni.

Kegiatan gathering ini murni diadakan oleh pengurus internal sendiri dan dilakukan selama dua hari di Wisata Alam Sumber Taman Gondanglegi.

“Gathering ini kami adakan di awal kepengurusan karena ada beberapa anggota baru yang bergabung. Selain itu, kami juga mengundang alumni yang dulu menjadi pengurus HMPS TI agar mereka bisa berbagi ilmunya dan bertukar pikiran dengan kami,” ungkap Ketua Umum kegiatan Gathering Ahmad Toyib Ramadhani mahasiswa Teknik Informatika.

Ia juga menjelaskan saat ditempat gathering mereka juga melakukan kegiatan agar melatih kekompakan dan menjalin kebersamaan.

“berbeda dengan konsep gathering tahun kemarin, tahun ini kami membuat konsep camping. Dari awal datang mulai dengan memasang tenda hingga memasak kami lakukan bersama-sama, menurut kami hal ini sangat penting agar bisa mengenal satu sama lain, mengerti karakter masing-masing, dan menambah kekompakan,” ujar mahasiswa semester 4 ini.

Tujuan gathering sebenarnya ialah pemilihan kepanitiaan Technowars. Kegiatan Technowars membutuhkan persiapan yang matang. Sehingga, melalui kegiatan inilah HMPS TI melakukan pemilihan kepanitiaan untuk mengadakan Technowars 2020.

Ada tiga Dosen yang mendampingi kegiatan ini yakni Ketua Program Studi (Kaprodi) Teknik Informatika Moh. Ahsan, S.Kom, M.T, Dosen Teknik Informatika Unikama Amak Yunus, E.P, M.Kom dan Syahminan, S.Kom, M.Kom.

Amak Yunus, E., M.Kom menerangkan bahwa peran Dosen dalam kegiatan gathering ini yaitu memberikan motivasi agar mahasiswa bisa siap menghadapi kehidupan setelah lulus nanti.

“Kami menekankan kebersamaan dan pentingnya membangun jejaring antar alumni dan adik tingkatnya. Hal ini akan bermanfaat untuk mahasiswa, selain sharing ilmu mereka juga bisa memberikan informasi pekerjaan kepada adik tingkatnya,” ungkapnya.

Dosen pendamping juga berperan memberikan arahan kepada mahasiswa agar mengutamakan kemandirian. Apalagi mereka akan mengadakan acara Technowars, agar acara berjalan lancar mereka membutuhkan kerja keras dan tim yang kompak.

Amak yang akrab disapa menginginkan mahasiswa antar angkatan, senior dan alumni tetap menjaga silaturahmi. Sebagai masyarakat sosial kita tidak bisa merdiri sendiri, pasti tetap saling membutuhkan.

Oleh karena itu, melalui kegiatan gathering ini mahasiswa bisa berdiskusi untuk mengembangkan kegiatan Technowars agar ada tambahan jenis kompetisi. Selain hard skill Sebagai mahasiswa juga harus bisa mengembangkan ilmu soft skill dengan baik. Karena di dunia Perindustrian ilmu soft skill ini akan berperan penting untuk masa depan.