Menu

Ledma Al Farabi Unikama Sebar Islam ke Semua Pelosok Desa

UNIKAMA – Rayakan Idul Adha, Lembaga Dakwah Mahasiswa (Ledma) Al Farabi Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) kembali menyelenggarakan Tabligh Akbar berupa Pengajian Umum. Acara yang berlangsung di Desa Baturetno Dampit ini dalam rangka Safari Dakwah Idul Qurban (SIDIQ) yang berakhir 13/8 kemarin.

Kegiatan religius yang mengambil tema “Meningkatkan iman, taqwa dan semangat berbagi melalui Safari Dakwah Idul Qurban” ini berupa kegiatan rutin Ledma Al Farabi. Kegiatan yang berlangsung enam hari (8-13 Agustus) diakhiri dengan pengajian umum yang digelar di Masjid Wahid Hasyim di desa Baturetno kecamatan Dampit. Pengajian kali ini mendatangkan Habib Taufiq Bin Muhammad Baraqbah sebagai penceramah.

Dalam ceremahnya, Habib Taufiq mengungkapkan masyarakat saat ini banyak bertanya tentang tuhannya. Manusia pingin tuhan kelihatan wujudnya, padahal umat islam tidak seperti itu. Kalau Dewa ada bentuknya, tapi Allah SWT. tidak berwujud, tidak punya anak dan tidak diperanakkan, Allah maha mampu tapi tidak digambarkan dengan apa-apa.

Sementara itu, pembina Ledma Al Farabi yang diwakili Ust. Agus Kurniawan, S.Kom mengatakan, dalam SIDIQ kali ini berlangsung beberapa acara. Diantaranya forum silaturrahmi, AF Go to School, Festival Anak Sholeh, Nonton Bareng, Takbir Keliling, Sholat Idul Adha, Tebar Qurban, dan Pengajian Umum sebagai penutup acara.

“Acara ini memang kegiatan rutin tahunan kita, kali ini digelar di desa terpencil. Memang kami adakan kegiatan ini di pelosok-pelosok desa setiap tahunnya. Namun yang paling penting, dimana pun tempatnya dan kapan pun dilaksanakan, tujuan utamanya sekali lagi adalah peningkatan iman kepada Allah SWT,” ungkap Agus Kurniawan, S.Kom.

Agus Kurniawan ucapkan terima kasih kepada masyarakat Baturetno yang sudah memberikan sumbangsih untuk kegiatan ini. Memang setiap tahun tempat kegiatan SIDIQ ini selalu berganti, karena berusaha bergilir untuk menyiarkan islam.

“Saya berharap, kedepannya masyarakat Baturetno terus adakan acara semacam ini agar syiar islam terus terpancar. Mohon maaf jika selama ini dari kami ada salah kata, salah unggah-ungguh,” tuturnya.

Sementara itu, Pjs kepala desa Baturetno Misnadi menyampaikan terima kasih kepada Ledma Al Farabi yang telah menyelenggarakan acara ini. Dengan terselenggaranya acara ini, Ia berharap para mahasiswa cita-ctanya terkabul dan manfaat.

“Dengan acara tabligh akbar ini saya berharap masyarakat Baturetno bisa meningkatkan prestasi, bisa baca Al-Qur’an, tahtimul Qur’an bittartil. Selain itu bisa memperbaiki ketidaksempurnaan dalam membaca Al-Qur’an, mahroj dan tajwidnya,” tuturnya.