Menu

Mahasiswa KKN Tularkan Ilmu Marketing

UNIKAMA – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) Kelompok IV dilaksanakan di Desa Wonokerso Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Seperti KKN pada umumnya, mahasiswa dituntut memberikan hal baru dan positif pada warga.

Kelompok IV dengan dosen pembimbing lapangan Yoyok Seby Dwanoko, S.Kom., M.Kom. mengadakan sharing atau penyuluhan tentang kewirausahaan dengan tema “Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan”.

Bopha Noor Akbar atau yang akrab disapa Mbak Petty ditunjuk sebagai satu-satunya narasumber dalam penyuluhan tersebut. Bukan tanpa alasan, dipilihnya Mbak Petty karena dia sebagai pelaku wirausaha dan sering berwara-wiri sebagai pembina komunitas-komunitas wirausaha kelas kecil sampai menengah.

Salah satunya sebagai pembina komunitas usaha nasabah daya BTPN. “Dalam memasarkan produk usaha bisa dimana saja cuma pintar-pintarnya kita dalam memasarkan misalnya orang yang kita jumpai langsung saja ditawari produk. Hanya memanfaatkan peluang yang ada, selain itu bisa juga dengan mengembangkan strategi pemasaran yang banyak disenangi orang yakni buy one get one,” tuturnya.

Penyuluhan yang dihadiri oleh 50 peserta yang berasal dari Ibu-Ibu PKK Desa Wonokerso tersebut telah memberikan kesan tersendiri kepada pesertanya. Salah satunya Lukariati selaku Ibu Kamituwo Desa Wonokerso.

Ia mengatakan pentingnya kegiatan semacam ini. “Penyuluhan seperti ini sangat bagus karena sejujurnya warga kami ini cukup kreatif, akan tetapi belum tahu teknik pemasaran yang tepat, jadi penyuluhan seperti ini sangat berguna bagi kami,”tuturnya.

Ketua pelaksana Tri Renny Wahyuni yang diwawancarai disela-sela kegiatan mengaku sangat puas dan bangga atas kerja keras para panitia dan suksesnya acara penyuluhahan kewirausahaan.

“Harapannya dengan diadakannya acara ini warga bisa membuat usaha atau produk mereka menjadi lebih besar dari segi produksi dan pemasaran,” pungkasnya. (TI)