Menu

Mahasiswa KKN UNIKAMA Bantu Tingkatkan Pemasaran Produk Aloevera dan Layanan Bansos di Kelurahan Ciptomulyo Malang

Unikama – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) membantu masyarakat menjaga ketahanan pangan dan perekonomian di masa pandemi Covid-19. Mahasiswa KKN kelompok 43 dengan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Siane Herawati S.Pd., M.Pd., yang berada di kelurahan Ciptomulyo Kecamatan Sukun Kota Malang membantu untuk memasarkan produk pada program Desa Ciptomulyo Kecamatan Sukun Kota Malang.

Mei Larasati salah satu anggota kelompok 43 menegaskan bahwa ia dan kelompoknya tertarik untuk membantu pemasaran produk yang dimiliki oleh Desa Ciptomulyo yakni Aloevera.

“Produk aloevera ini termasuk lokal karena diproduksi oleh warga masyarakat Desa Ciptomulyo sendiri. Tetapi, warga disana kurang tertarik untuk memasarkan produk tersebut. Maka dari itu, kami selaku mahasiswa KKN ingin membantu untuk memasarkan,” ujarnya.

Proses pembuatan produk juga menerapkan standar protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, faceshield dan sarung tangan. Jadi, produksi dipastikan aman dan higienis.

Tidak hanya membantu memasarkan produk, mahasiswa kelompok 43 juga ikut andil dalam kegiatan desa seperti melayani Bantuan Sosial (Bansos) di Pos Kesehatan Sosial (Poskesos).

Sementara itu, Hary Dwi Yunianto, S.Psi., M.M selaku Kepala Desa mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN karena telah membantu memasarkan produk lokal dari Desa Ciptomulyo berupa minuman aloevera.

“Dengan adanya Mahasiswa KKN dari Unikama diharapkan dapat memotivasi warga yang lain untuk memasarkan produk lokal yang dihasilkan oleh Desa Ciptomulyo. Selain itu, dapat menarik banyak konsumen setelah dipasarkan melalui media sosial,” tuturnya.