Menu

Mahasiswa KKN Unikama Cegah Penyalahgunaan Narkoba

UNIKAMA – Demi mencegah meningkatnya penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mengadakan sosialisasi pentingnya pengetahuan tentang narkoba.  Kegiatan yang diikuti 70 siswa kelas 9 ini berlangsung di SMP PGRI 05 Tirtoyudo, kemarin.

Kegiatan tentang bahaya narkoba semacam ini perlu diketahui agar terus bisa melanjutkan pendidikan. Dijelaskan materi tentang bahaya narkoba dan dampaknya bila sudah terjerumus ke dalamnya. Selain itu memberi motivasi tentang pentingnya melanjutkan pendidikan, ujar Pandhu Robil Maula selaku ketua kelompok.

Tak hanya itu, acara ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti permasalahan yang ditemukan pada saat observasi. Salah satunya maraknya pengedaran narkoba di kecamatan Tirtoyudo dan minimnya minat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Mahasiswa KKN juga menemukan fakta bahwa Kecamatan Tirtoyudo menempati peringkat ke-3 penyalahgunaan narkoba tingkat Malang Raya. Selain itu, desa Purwodadi tingkat pendidikan masih sangat rendah, bisa di bilang kurang dari 65 persen masyarakat yang melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Hal itulah yang mendasari kelompok KKN Unikama untuk mengadakan kegiatan semacam ini.

Kaur umum dan TU desa Purwodadi Sidik Fajar N. mengatakan bahwa remaja di Desanya banyak yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Jenjang Pendidikan tertinggi untuk kalangan remaja di desa ini hanya sebatas lulusan SMP.

“Kami menyayangkan banyak terjadi pernikahan dini yang disebabkan oleh berbagai faktor. Termasuk faktor ekonomi, akses yang jauh serta kurangnya motivasi untuk melanjutkan sekolah,” ungkap TU desa Purwodadi.

Penyampaian materi tentang narkoba dan pemberian motivasi, siswa terlihat sangat antusias dan sesekali mengutarakan pendapatnya. Bahkan, seorang siswa sudah mengetahui berbagai macam narkoba, seperti ganja dan kecubung. Hal itu di karenakan kurangnya pengetahuan tentang dampak buruk penyalahgunaan narkoba.

Dengan digelarnya sosialisasi semacam ini, siswa bisa paham tentang dampak buruk dari penyalahgunaan narkoba. Bahkan para siswa sudah menentukan cita-citanya, ada yang ingin menjadi Polisi, tentara bahkan menjadi Astronot. (prm)