Menu

Mahasiswa KKN UNIKAMA Gelar Seminar Pemahaman Covid-19 di Desa Kemloko Blitar

Unikama – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap bahaya virus Covid-19. Mahasiswa KKN kelompok 18 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Moh. Ahsan S,Kom., MT yang berada di Desa Kemloko Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar ini mengadakan seminar pemahaman Covid-19 bersama masyarakat setempat dan juga perangkat desa.

Ilham Bima selaku ketua kelompok menerangkan bahwa seminar pemahaman Covid-19 ini dilakukan agar masyarakat bisa satu langkah lebih kedepan dalam memahami dan mencegah adanya penularan Covid-19 disekitarnya.

“Pelaksanaan seminar ini dihadiri 35 orang yang didalamnya terdapat beberapa perangkat desa serta tokoh masyarakat yang mempunyai peran besar dalam membantu untuk mendorong masyarakat memahami dan mencegah dalam memutuskan rantai Covid-19. Tidak lupa sebelum masuk ke dalam balai desa masyarakat dihimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan cuci tangan dan pengecekan suhu tubuh,” ungkapnya.

Sementara itu, Biah Atchain, S.Tr. Keb selaku pembicara dalam seminar menjelaskan dan mengajarkan bagaimana cara mencuci tangan dengan benar dengan menirukan gerakan yang diajarkan dengan di iringi alunan lagu balonku ada lima. Hal ini dilakukan agar memastikan bahwa masyarakat bisa dan paham cara melakukan cuci tangan dengan sabun selama 20 detik dengan benar, bukan asal cuci tangan saja.

“Mengenakan masker setiap berpergian, selalu menjaga jarak, mengkonsumsi vitamin, olahraga rutin, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Karena hanya dari kesadaran diri pemutusan mata rantai penularan Covid-19 ini dapat dilakukan” paparnya.

Di samping itu, Kepala Desa (Kades) Muh. Dhofir sangat mendukung dan mengapresiasi seminar pemahamaan Covid-19 yang dilakukan oleh mahasiswa. Tentunya banyak sekali memberikan dampak yang baik bagi masyarakat, mengajarkan cara mengunakan masker dengan baik, cuci tangan dengan sabun dengan air mengalir, dan mengkonsumsi asupan makanan dengan gizi yang seimbang.

Di tengah pandemi Covid-19 ini peran mahasiswa untuk membantu masyarakat sangat diperlukan. Gagasan kreatif dapat memberikan dampak yang positif kepada masyarakat agar paham akan kesehatan dan hidup sehat di masa pandemi Covid-19.