Menu

Mahasiswa KKN Unikama Lakukan Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer di Desa Bululawang

UNIKAMA – Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya kelompok 14 yang ada di Desa Bululawang Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Kelompok ini di bimbing dosen pembimbing lapangan (DPL), Kurriawan Budi Pranata, S.Si., M.Si.

Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Desa Bululawang diantaranya pelatihan pembuatan handsanitizer yang dilaksanakan untuk remaja di Desa Bululawang dan sekitarnya. Disaat pandemi Covid-19 saat ini cuci tangan harus terus di galakkan di setiap kegiatan. Untuk itu, mahasiswa KKN Unikama memberikan penyuluhan betapa pentingnya handsanitizer dengan cara menyemprotkan di area telapak tangan.

“Kami juga melakukan pelatihan pembuatan Handsanitizer, agar para remaja di desa Bululawang bisa membuat handsanitizer di rumahnya masing-masing, tanpa harus membeli. Selain untuk mengajak menjaga kesehatan diri, pelatihan ini bisa menjadi pendongkrak kreativitas remaja disini. Hal ini juga dapat menimbulkan peluang bisnis, apalagi pada masa pandemi Covid-19 saat ini harga handsanitizer dan masker naik drastis,” ungkap ketua kelompok 14, Mas Andianto.

Kegiatan ini dilakukan dengan memberi undangan kepada masing-masing RW, anggota karang taruna, serta masing-masing mahasiswa boleh mengajak teman terdekat untuk mengikuti pelatihan ini juga. Dalam pelatihan yang berlangsung di Aula Besar Desa Bululawang Kecamatan Bululawang ini, beberapa materi tambahan disampaikan oleh perwakilan staff puskesmas Desa Bululawang.

Isbandi selaku Sekertaris Desa Bululawang mengucapkan banyak terimakasih kepada mahasiswa KKN kelompok 14 ini,
“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada mahasiswa KKN dari Universitas Kanjuruhan Malang. Karena telah mengadakan acara penyuluhan dan pelatihan pembuatan handsanitizer yang sangat memberikan manfaat besar kepada kami serta adik-adik remaja Desa Bululawang. Semoga apa yang diberikan oleh adik-adik mahasiswa KKN Unikama bisa bermanfaat untuk kita semua dan menjadikan peluang untuk kedepannya,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini, remaja Desa Bululawang juga merasa sangat terbantu akan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Unikama, karena mendapat ilmu baru membuat handsanitizer yang dipandu oleh mahasiswa KKN Unikama.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada kakak-kakak KKN dari Universitas Kanjuruhan Malang yang telah mengadakan kegiatan ini. Kami sangat senang karena disini kami bisa tahu bagaimana cara membuat handsanitizer, apalagi kami diberikan kesempatan untuk membuat dan meracik handsanitizer sendiri,” ujar Anisa, salah satu remaja Desa Bululawang.

Semoga dengan adanya kegiatan pelatihan pembuatan handsanitizer ini dapat memberikan manfaat bagi warga desa Bululawang dan sekitarnya, harapnya.