Menu

Mahasiswa KKN Unikama Lakukan Sosialisasi Peran Perempuan dan Pelatihan Pembuatan Es Kepal Milo di Dusun Jemunang Wagir

Unikama – Minggu, (26/07/2020), mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2020 Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) dengan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Dr. Timbul Yuwono S.Si.,M.Pd melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat dusun Jemunang, desa Pandanrejo, kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah Sosialisasi Peran Perempuan dalam Mempertahankan Rumah Tangga Selama Pandemi Covid-19 yang dibawakan oleh ibu Dr.Ir. Enike Dwi Kusumawati. S.Pt,.MP,.IPM selaku dosen Unikama serta Pelatihan pembuatan Es Kepal Milo dan Puding Oreo yang diberikan oleh mahasiswa/i KKN kepada 28 peserta yang mayoritas merupakan ibu rumah tangga.

Kegiatan yang bertempat di aula MTs Al-Khautsar ini dilatarbelakangi oleh situasi pandemi Covid-19 dimana pada masa ini masyarakat desa Pandanrejo, khususnya di Dusun Jemunang mengalami kesulitan dalam mempertahankan ekonomi rumah tangga karena segala aktivitas tidak bisa berjalan seperti biasa sehingga mengharuskan mereka untuk bekerja dari rumah guna memutus mata rantai Covid-19. Oleh karena itu, harus ada inovasi-inovasi baru yang dilakukan, salah satunya dengan melakukan usaha dagang dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, seperti berjualan Es Kepal Milo atau Puding Oreo.

Hafiza Tunyanan, selaku koordinator kegiatan mengaku sangat bangga melihat antusiasme para peserta dalam mengikuti kegiatan ini.

“Awalnya saya bersama teman-teman KKN takut kegiatan ini tidak berhasil sesuai ekspektasi kami. Namun saat melihat respon dari masyarakat, kami sangat senang karena mereka begitu semangat dalam mengikuti sosialisasi dan pelatihan-pelatihan yang ada,” ungkapnya.

Ia mengaku keberhasilan kegiatan ini berkat bantuan dan doa dari berbagai pihak. Diharapkan kegiatan ini dapat berdampak positif bagi peserta.

”Saya dan teman-teman KKN Unikama sangat berterima kasih kepada pemateri, peserta kegiatan dan aparat desa Pandanrejo serta semua yang terlibat dalam kegiatan ini. Harapan kami, semoga sosialisasi dan pelatihan ini dapat berguna bagi masyarakat dusun Jemunang, khususnya para peserta dalam mempertahankan dan memajukan ekonomi rumah tangga”, sambungnya.

Senada dengan Hafiza, Sumarni salah satu peserta sosialisasi dan pelatihan mengaku besyukur atas kedatangan dan sumbangsih mahasiswa KKN 2020 Unikama.

“Mewakili segenap masyarakat desa Pandanrejo, kami sangat berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa KKN karena sudah mau menyumbangkan ide dan kreativitasnya untuk kami. Harapan saya, dengan adanya sosialisasi dan pelatihan ini, semoga dapat bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat desa Pandanrejo, khususnya para peserta yang hadir di ruangan ini”, Ujar Sumarni yang juga menjabat sebagai ketua PKK Desa Pandanrejo.