Menu

Mahasiswa KKN Unikama Sosialisasikan Pembuatan Face Shield di Dusun Jajar Selopuro Blitar

Unikama – Pandemi Covid-19 masih menjadi momok bagi masyarakat, jumlah kasus positif terus menunjukkan peningkatan. Sejumlah himbauan telah disampaikan pemerintah untuk memutus penyebaran virus ini.  Sebagai akademisi Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) juga ikut andil dalam menangani pandemi ini. Salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa Unikama adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN) edisi Covid-19 yang terdiri dari Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Dr. Gatot Sarmidi, M.Pd.

Endang Sri Lestari menyatakan walaupun pelaksanaan KKN tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya akan tetapi dengan kondisi seperti ini tidak menyurutkan semangat mahasiswa KKN Unikama untuk  mengabdi kepada masyarakat.

“Pelaksanaan KKN kali ini tetap memperhatikan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19, seperti halnya mahasiswa KKN Unikama di Dusun Jajar Selopuro Kabupaten Blitar. Kami melaksanakan Proker berupa sosialisasi pembuatan face shield. Face shield merupakan alat pelindung bagian wajah serta mata. Hal ini sangat efektif sekali untuk melindungi mengamankan diri dari virus terutama bagi anak-anak yang akan memasuki pembelajaran di Era New Normal,” terangnya.

Kegiatan Sosialisasi kali ini diikuti oleh pendidik dan wali murid RA Perwanida sejumlah 20 orang.

“Selain itu Tim KKN Unikama juga  mencetak poster protokol kesehatan berangkat sekolah dan pulang sekolah bagi anak usia dini di sekolah tersebut. Kami juga membantu berpartipasi dalam mengajar siswa selama era pandemi, mengajar TPQ, berpartisipasi dalam pembagian bansos bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 di wilayah Desa Selopuro dan sekitarnya, membantu pendidik dalam pembuatan media digital penunjang pembelajaran di era pandemi Covid-19, menghias kelas dan pengadaan ruang baca anak usia dini,” tambahnya.

Sementara itu, Binti Masfufah, S.Pd selaku guru di sekolah tersebut merasa terbantu dengan adanya mahasiswa KKN Unikama. Selain pembuatan face shield mereka juga fokus membantu dalam proses pendidikan.

“Mereka juga khawatir akan kesehatan anak-anaknya. Oleh karena itu, berkat mahasiswa KKN Unikama mengadakan sosialisasi ini mereka tidak terlalu khawatir jika membiarkan anak-anaknya pergi ke sekolah. Di sekolah juga tetap harus mematuhi protokol kesehatan,” tuturnya.

Diharapkan masyarakat dan khususnya anak usia dini di RA Perwanida  Jajar sadar akan pentingnya menjaga kesehatan sebagai langkah awal dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 dan diharapkan masyarakat menaati anjuran pemerintah dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dalam melakukan berbagai aktivitas sehari hari.