Menu

Mahasiswa Perlu Geluti Dunia Koperasi

UNIKAMA – Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar kuliah umum terkait dengan “Entrepreneurial Campus and Coorperation”. Kuliah umum yang berlangsung di Auditorium Multikultural Unikama ini diikuti mahasiswa angkatan 2016.

Kegiatan ini menghadirkan tiga pemateri yang ahli dibidangnya, Hardi, S.St., SPt., MM, Anggota Balai Pengembangan Pelatihan Kementrian Pertanian Batu. Dedi Darmawantyo, SH, Penyuluh koperasi Dinas Koperasi, dan Usaha Mikro Kota Malang, serta Ryan, Owner dari Jus Jupe Jumbo.

Acara  ini bertujuan memberikan edukasi dan pandangan tentang peluang wirausaha. Selain itu, bisa memberi manfaat koperasi di bidang bisnis. Kurang lebih 300 mahasiswa serta dosen Unikama memadati auditorium multikultural.

Dalam penyampaiannya berkaitan dengan koperasi, Dedy Darmawanto, SH, mengingatkan pentingnya koperasi bagi dunia perdagangan. Menurutnya, koperasi banyak membantu petani di Malang Raya dalam mendapatkan penghasilan dari hasil taninya. Apalagi menurutnya, di Malang sistem koperasi bisa maju dikarenakan sesuai dengan aspek sosial budaya kota Malang.

“Untuk itu, sistem koperasi sudah terbukti dibeberapa tahun belakangan mampu menekan tingkat kemiskinan. Itulah mengapa penting sekali teman-teman mahasiswa bergelut di dunia koperasi,” paparnya.

Lebih lanjut, Dedy juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Unikama yang dianggap mampu menarapkan sistem koperasi di lingkungan kampus. Hal itu tercermin dari majunya Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Unikama yang sampai bisa mensponsori kuliah umum tersebut.

“Ini saya apresiasi sekali terhadap Unikama yang koperasi mahasiswanya bisa sampai mensponsori acara ini. Saya berharap jiwa-jiwa koperasi juga tumbuh di mahasiswa Unikama lainnya. Sehingga nantinya dapat membantu para pedagang kecil di daerahnya masing-masing,” ungkapnya. (inka)