Menu

Mahasiswa Unikama Bantu Warga Masyarakat Desa Kedungrejo Cegah Penularan Covid-19

Unikama- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) membuat program kerja yang bertujuan untuk membantu mencegah penularan virus Covid-19. Mahasiswa KKN kelompok 3 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Rina Wijayanti M.Psi., di Desa Kedungrejo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang membuat program kerja yaitu pembagian masker dan wastafel tempat cuci tangan.

Revi Oktavianti selaku Ketua Kelompok menerangkan bahwa tujuan mereka membuat program kerja ini yaitu untuk mencegah penularan virus corona antar warga dan warga selalu mengingat untuk menjaga kebersihan diri.

“Kami melihat banyak warga di Desa Kedungrejo yang belum mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Dengan adanya pembagian masker ini, kami berharap warga dapat menggunakannya saat beraktivitas di luar rumah. Kami membagikan masker ke pedagang di pasar sayur, ke ibu-ibu PKK, kantor balai Desa Kedungrejo, dan puskesmas. Selain pembagian masker, kami juga membagikan wastafel ke 6 sekolah yang ada di desa Kedungrejo dan juga balai desa Kedungrejo. Kami berharap dengan adanya pembagian wastafel, mereka selalu mengingat untuk selalu menjaga kebersian dengan cara mencuci tangan,” ungkapnya.

Dimasa pandemi Covid-19 ini, masyarakat harus selalu menjaga kebersihan diri atau lingkungannya guna mencegah penularan virus corona.

“Kita tidak tahu seperti apa bentuk dari virus corona ini, karena virus ini sangat kecil. Maka dari itu kita harus selalu waspada dan terus mematuhi protokol kesehatan yang ada,” tambahnya.

Sebelum melaksanakan proker, mahasiswa berdiskusi dan meminta bantuan kepada salah satu perangkat di balai Desa Kedungrejo, yaitu Hermanto, selaku Sekretaris di balai desa.

“Kami sangat berterimakasih kepada mahasiswa KKN Unikama yang telah membuat program kerja seperti ini. Kedepannya kami sebagai perangkat desa akan terus berusaha agar warga kami selalu mematuhi protokol kesehatan yang ada,” tutur Hermanto.

Selama melaksanakan KKN, mahasiswa tetap mengikuti protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan tak lupa mencuci tangan setelah beraktivitas.