Menu

Mahasiswa Unikama Kenalkan Literasi

UNIKAMA – Mengenalkan budaya membaca atau literasi dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama). Mereka membangun rumah baca di Desa Segaran Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang.

Penyediaan sarana perpustakaan atau Rumah Baca ini akan menstimulus kebiasaan membaca, karena membaca buku merupakan salah satu aspek penting dalam peningkatan kemampuan literasi seorang individu.

Demikian juga dengan masyarakat di Desa Segaran Kecamatan Gedangan dimana di desa ini belum ada fasilitas untuk membaca selain dari fasilitas formal.

Oleh karena itu upaya untuk menumbuhkan gemar membaca harus dimulai dari usaha dalam meniadakan kendala utama yang menyebabkan orang tidak mau membaca.

Maka, metode dalam menggalakkan minat baca pada masyarakat juga perlu diubah agar masyarakat dapat berminat melakukan kegiatan membaca, dimana kegiatan membaca harus menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan dan murah, oleh karena itu dibutuhkan suatu wadah atau tempat yang dapat menjadi sarana membaca yang dapat menarik perhatian masyarakat.

Disamping itu, rumah baca ini juga dilengkapi dengan berbagai macam permainan tradisional, salah satunya permainan dakon dan monopoli.

Dengan adanya rumah baca ini diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat Desa Segaran untuk gemar membaca. (TI)