UNIKAMA – Panggung Aula Sarwakirti Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) kemarin mendadak jadi panggung catwalk para pelajar dari Kelompok Bermain (KB) dan TK se-Kota Malang. Mereka dengan percaya diri berjalan dan berpose layaknya model profesional menggunakan baju-baju adat Indonesia.

Fashion show ini merupakan bagian dari acara Dies Natalis Program Studi (Prodi) PG-PAUD Unikama yang ke 7 dan diikuti 30 anak. Gelaran ini mengusung tema Membangun Karakter Generasi Yang Unggul Dalam Pengembangan dan Kearifan Lokal.

“Oleh karena itu anak-anak yang ikut diwajibkan pakai baju adat budaya Indonesia. Ada yang pakai baju adat Bali, Jawa, hingga Kalimantan. Supaya mereka mengenal budaya Indonesia, sedikit demi sedikit menumbuhkan kecintaan anak-anak pada budaya Indonesia,” terang kepala Prodi PG-PAUD Unikama, Henni Anggraini, M.Psi.

Selain fashion show, ada juga lomba fotogenik yang diikuti oleh 49 peserta. Diantaranya dari TK Muslimat NU 45 dan TK Hudan Cendika. Lomba ini mengompetisikan pose anak menggunakan baju adat dengan hasil cetak foto ukuran 4R yang dipajang di sudut Aula Sarwakirti.

Tak hanya itu saja, ada empat lomba lain yang menyemarakkan acara ini. Diantaranya lomba mewarna, tari, dan kolase untuk anak. Sedangkan untuk mahasiswa dan guru ada beberapa lomba, antara lain lomba Alat Permainan Edukatif (APE), mendongeng, hingga paduan suara Mars PGRI. (erma)

MODEL CILIK BERBAJU ADAT KUASAI PANGGUNG CATWALK UNIKAMA