Menu

Momentum: Physics Education Journal Unikama Raih Akreditasi SINTA 2

UnikamaMomentum: Physics Education Journal merupakan jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan Pendidikan Fisika. Jurnal ini bekerja sama dengan Physical Society Indonesia (PSI) dan Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII). Momentum: Physics Education Journal menerbitkan dua edisi dalam satu tahun. Setiap manuskrip yang masuk akan direview oleh dua peer reviewer menggunakan metode double blind review.

Muhammad Nur Hudha, M.Pd selaku editor jurnal dan juga Dosen Pendidikan Fisika Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menjelaskan bahwa Jurnal ini terbit pertama pada tahun 2017, kemudian di tahun 2019 jurnal mendapatkan akreditasi SINTA (Science and Technology Index) 3.

“Setelah mendapat akreditasi SINTA 3, kami ajukan kembali ke Kemenristek/BRIN di tahun 2020 ini, sehingga jurnal ini dapat masuk dan naik akreditasinya menjadi SINTA 2. Selain itu, jurnal ini juga terindeks Directory of Open Access Journals (DOAJ) dan Google Scholar. Untuk abstrak dan teks lengkap yang telah diterbitkan dapat dibaca dan diunduh secara gratis di situs web http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/momentum,” terangnya.

Momentum: Physics Education Journal dalam setiap terbitannya sudah memuat artikel dari 2-3 Negara.

“Untuk mengajukan akreditasi jurnal, setiap artikel harus memiliki Digital Object Identifier (DOI), hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pertukaran dan integrasi data ke berbagai basis data pengindeks. Setelah dinyatakan lolos persyaratan administrasi, setiap jurnal akan ditelaah kurang lebih dua asesor manajemen dan dua asesor substansi yang sesuai dengan lingkup keilmuan jurnal,” tambahnya.

Kedepannya, Jurnal yang belum terakreditasi di Unikama akan dibina secara khusus oleh P3U (Pusat Publikasi dan Penerbitan Universitas Kanjuruhan Malang) melalui mekanisme pelatihan dan pendampingan sampai jurnal tersebut dapat terakreditasi demikian juga dengan jurnal yang akan naik peringkat.

Sementara itu, Arief Rahman Hakim, M.Pd., selaku Ketua P3U Unikama sangat mengapresiasi Momentum: Physics Education Journal yang telah naik akreditasi menjadi SINTA 2.

“Pertama saya ucapkan selamat kepada Kaprodi Pendidikan Fisika, Editor in Chief dan seluruh pengelola jurnal (editor) Momentum: Physics Education yang sudah berhasil meningkatkan peringkat akreditasi menjadi SINTA 2. Saya berharap hal ini dapat memacu semangat teman-teman pengelola jurnal di Unikama untuk lebih serius dalam mengelola jurnal sehingga dapat meningkatkan akreditasi jurnalnya masing-masing,” tuturnya.

Dengan mendapatkan peringkat akreditasi menjadi SINTA 2 ini diharapkan bisa memotivasi para Dosen untuk melakukan penelitian-penelitian dan menerbitkan artikel yang bisa bermanfaat untuk masyarakat.