Menu

Motivasi PKK Ringinkembar, Unikama Gelar Seminar Kewirausahaan

UNIKAMA – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menambah wawasan anggota PKK dengan menggelar seminar kewirausahaan. Kegiatan yang berlangsung di Balai Dukuh Ringinkembar Desa Ringinkembar ini bertujuan memotivasi ibu-ibu PKK untuk berkreasi dan berinovasi memanfaatkan potensi desa.

Agar menambah antusias warga, mahasiswa KKN Unikama datangkan ahli wirausaha Dr. Ir. Enike Dwi Kusumawati, S.Pt., MP., IPM sebagai pemateri. Menariknya, tidak hanya menjelaskan pentingnya berwirausaha, akan tetapi Dosen Peternakan ini menunjukkan hasil handycraft yang bernilai jual ekonomis yang dapat dikerjakan sendiri oleh ibu-ibu PKK.

Sementara itu, dosen pendamping lapangan (DPL) Dr. Sri Rahayu, M.Pd, menuturkan mahasiswa KKN Unikama di desa Ringinkembar menciptakan produk lokal berupa masker kopi, olahan singkong dan pisang. Produk ini secara resmi dialihkan kepada pengurus PKK yang nantinya akan dikembangkan oleh warga.

“Saya berharap dengan adanya inovasi-inovasi terbaru ini tidak hanya anggota PKK tetapi warga juga bisa melanjutkan ide dari mahasiswa dan dapat meningkatkan perekonomian desa supaya bisa memiliki home produksisendiri,” papar DPL yang akrab disapa bu Yayuk ini.

Selain itu, beberapa varian yang dikembangkan pada olahan singkong antara lain rasa jagung manis, pedas, balado dan keju. Sedangkan untuk olahan pisang dikembangkan varian coklat dan matcha.