Menu

Mudahkan Warga Nahdlatul Ulama Berdagang, Dosen Unikama Ciptakan NU Mall

UNIKAMA – Sebagai bentuk kontribusi kepada masyarakat Nahdlatul Ulama (NU) Dosen Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) Alex Endy Budianto, S.Kom, MM. ciptakan aplikasi NU Mall. Aplikasi ini dirancang sendiri dengan pengalaman swapasar yang dibuat sebelumnya.

“Sebenarnya aplikasi ini sama saja dengan aplikasi e-commerce lainnya, hanya didalamnya ada warga NU yang berdagang,” ungkapnya.

Warga masyarakat lain boleh saja ikut menggunakan aplikasi ini untuk berjualan, dengan catatan memiliki kartu NU. Jika tidak memiliki juga bisa asalkan sponsornya dari orang NU.

“Aplikasi ini juga bentuk kontribusi kami kepada masyarakat di New Normal agar perekonomian tetap berjalan,” ujarnya.

Perjanjian untuk pengelolaan NU Mall juga sudah ditandatangani, Minggu (12/07/2020) dari PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama) diwakili oleh ketuanya dr. Umar Usman.

Alex Endy Budianto, S.Kom, MM. juga menerangkan aplikasi NU Mall ini dikembangkan atas dorongan PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) setelah bertemu dengan pengurus pusat.

“Kebetulan sebelum adanya pertemuan ini saya sudah membuat aplikasi e-commerce yakni e-pasar yang khusus untuk UMKM yang sudah launching bersamaan dengan HUT Rumah Pengusaha Malang Raya. Dari sinilah, saya ingin membuat aplikasi NU Mall untuk masyarakat NU agar dapat digunakan dengan semestinya,” tutupnya.

Saat ini aplikasi sudah mulai berjalan, Alex yang akrab disapa ini telah memberikan workshop untuk penggunaan aplikasi NU Mall. Kedepannya ia berharap masyarakat bisa terbantu dengan adanya aplikasi ini karena sangat mudah dan tidak ribet dalam penggunaanya. Selain itu, perekonomian kembali normal seiring dengan berjalannya waktu.