Menu

P3T UNIKAMA UNDANG WAKIL KETUA MPR RI UNTUK AJARKAN BELA NEGARA PADA MABA

Unikama – Program Pengenalan Pendidikan Tinggi (P3T) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) Tahun Akademik 2020/2021 resmi digelar senin (21/9/2020). Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui platform youtube Universitas Kanjuruhan Malang dan zoom meeting hingga jumat (25/9/2020) nanti.

Hari pertama pelaksanaan P3T, Unikama mengundang Wakil Ketua MPR RI, Dr. H Ahmad Basarah, MH., menjadi salah satu pemateri. Wakil MPR RI ini menyampaikan materi tentang “Bela Negara, Penanggulangan Radikalisme dan Anti Korupsi” melalui zoom meeting yang dimoderatori oleh dosen Unikama yakni Dr. Andi Nu Graha, MM.

Ia memaparkan bahwa bela negara, radikalisme dan korupsi merupakan isu besar yang ada di Indonesia akhir-akhir ini. Materi ini sangat penting dipahami sebagai pondasi mahasiswa untuk memulai perannya sebagai mahasiswa. “Mahasiswa baru berada pada usia fase pencarian identitas diri yang rawan terpapar pengaruh dan nilai-nilai dari luar yang bisa saja membawa mahasiswa pada kesuksesan maupun jalan yang tidak dikehendaki, sehingga diperlukan pembentengan diri melalui orientasi kampus” tuturnya.

Lebih jauh lagi, dari sudut pandangnya, generasi muda menjadi peranan penting bagi eksistensi bangsa dan negara di masa depan. “Jika generasi mudanya memiliki keinginan untuk membangun kualitas diri melalui kreativitas, aktivitas ekstra kampus, maupun kelompok studi terfokus, maka generasi muda inilah yang dapat diandalkan di masa yang akan datang,” tambahnya.

Dengan pemaparan materi ini, diharapkan Unikama mampu menghasilkan generasi muda yang memiliki benteng terhadap pengaruh buruk dari luar serta memiliki keinginan untuk berkembang.