Menu

Patenkan Aplikasi Industri, Gelar Pelatihan Software SPSS

UNIKAMA – Selama ini dosen dan mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) masih mengolah data hasil penelitian secara manual menggunakan Microsoft Excel. Padahal, pengolahan data tersebut masih meragukan dan tingkat errornya masih tinggi.

Makanya Program Studi (Prodi) Peternakan Unikama menggelar Pelatihan Teknik Analisis Data dan Aplikasi Software SPSS yang diikuti 40 dosen.

Ketua Program Studi Peternakan Unikama, Aju Tjatur Nugroho Krisnaningsih, S.Pt., MT., mengatakan pelatihan tersebut untuk membantu dosen meningkatkan kemampuan mengolah data hasil penelitian.

“Selain itu juga membantu dosen mempermudah bimbingan penyusunan skripsi mahasiswa,” kata wanita yang akrab disapa Ayu, kemarin.

Hasil pengolahan data menggunakan aplikasi itu lebih akurat, valid, dan membantu analisa data penelitian atau skripsi mahasiswa.

“Pengolahan data memiliki kontribusi besar dalam proses penelitian. Jika sistem ini dikuasai akan membantu mahasiswa lulus lebih cepat dan tepat waktu karena proses analisa akan lebih mudah,” lanjutnya.

Selama ini kemampuan dan kompetensi pengolahan data mahasiswa masih lemah. Penelitian yang seharusnya sudah selesai jadi terhambat.

“Karena pengolahan data akan menentukan hasil analisis yang dijadikan pembahasan dalam laporan,” katanya. (mv)