Menu

Pencegahan Covid-19 dan Ketahanan Pangan Jadi Tema Mahasiswa KKN Unikama Di Desa Gapong Manggarai

Unikama – Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Gapong, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Rina Wijayanti S.Pd.,M.Pd, telah melakukan bebarapa cara dalam rangka pencegahan penularan wabah Covid-19 yang tengah menjadi pandemi bagi seluruh masyarakat dunia.

Sesuai dengan tema KKN Unikama tahun ini, yaitu “Meningkatkan Ketangguhan Masyarakat Dalam Menghadapi Covid-19” tindakan yang dilakukan antara lain pemasangan banner pencegahan Covid-19 yang dibantu oleh beberapa aparat desa dan telah disetujui Kepala Desa Gapong. Mahasiswa KKN kelompok ini jugs melakukan pembagian masker gratis kepada warga dan bekerja sama dengan para petugas kesehatan untuk melakukan sosialisasi kesehatan, memberikan wadah dan sabun pencuci tangan.

Konradus Andri Juru selaku Ketua kelompok menerangkan sosialisasi kesehatan dilakukan didepan pustu Desa Gapong, kemudian dilanjutkan dengan pembagian masker kepada warga setempat.

“Setelah masyarakat Desa Gapong mengikuti sosialisasi kesehatan dari petugas, dengan menjaga jarak antara satu sama lain serta mengenakan masker yang telah berikan. Hal ini membuat mahasiswa KKN merasa senang dengan Program Kerja (Proker) yang telah mereka rencanakan, karena sedikit bisa menyadarkan masyarakat untuk penerapan social distancing,” ujarnya.

Proker ini sebagai wujud kepedulian mahasiswa KKN Unikama akan pentingnya pengetahuan tentang pencegahan dan penularan wabah Covid-19. Tidak hanya itu, mahasiswa KKN juga telah bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat Desa Gapong untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan desa. Hal ini dibuktikan dengan adanya kegotongroyongan antara pemerintah, masyarakat dan mahasiswa KKN ketika melakukan kerja bakti sosial bersama, dengan harapan agar masyarakat Desa Gapong memiliki kesadaran tinggi akan kebersihan lingkungan, sehingga dapat mencegah berbagai macam virus atau bakteri yang dapat menimbulkan wabah penyakit, dan juga dengan harapan masyarakat terbiasa untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Mahasiswa KKN juga berinisiatif memanfaatkan lahan kosong yang ada di Desa Gapong untuk melakukan penanaman benih sayur-sayuran.

“Kami bekerja sama dengan masyarakat dan pemerintah Desa Gapong untuk melakukan penanaman berbagai benih sayur-sayuran untuk ketahanan pangan Desa Gapong. Warga disana dan pemerintahnya sangat antusias menerima saran program kerja dari kami,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Gapong juga mengungkapkan bahwa masyarakat sudah mulai hidup sehat dengan mengikuti protokol kesehatan.

“Mereka sudah menghindari keramaian, mengenakan masker jika berpergian, menjaga jarak, dan bahkan beberapa diantara mereka sudah menyediakan tempat dan sabun cuci tangan didepan rumah mereka masing-masing. Saya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada mahasiswa KKN yang telah membantu kami dan petugas kesehatan untuk memberikan sosialisasi kesehatan dalam rangka memutuskan penyebaran Covid-19. Ide kreatif dari mahasiswa KKN untuk ketahanan di bidang pangan juga sangat membantu kami,” ungkapnya.