Menu

Pentingnya Pengajaran Sastra di Era Digital

UNIKAMA – Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar  Konferensi Nasional, Sastra, Bahasa, dan Budaya (KS2B). “Sastra, Bahasa, Budaya dan Pengajarannya di Era Digital,” tema yang diangkat.

Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Multikultural, kemarin ini, menghadirkan berbagai pembicara dari berbagai guru besar baik dalam negeri maupun luar negeri.

Pemateri tersebut ialah, Guru Besar Jurusan Bahasa Indonesia UM Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd; Guru Besar School of Educational Studies University of Malaysia Prof. Dr. M. Kamarul Kabilan, Guru Besar Pendidikan Bahasa Inggris Prof. Dr. Gunadi Harry Sulityo, M.A, dan Antropolog Oregon State University USA Christopher Foertsch, M.A.

Kegiatan ini, diikuti oleh 500 peserta yang terdiri dari mahasiswa, pendidik, dosen dan pengiat sastra budaya dari berbagai kota di Indonesia. Banyak materi yang disampaikan oleh keempat pembicara.

Materi yang dibahas pertama dalam konfrensi ini ialah pengaruh era digital pada eksistensi sastra, bahasa dan budaya. Kemudian dilanjutkan pada isu-isu perkembangan sastra, bahasa dan budaya dari cetak ke digital. Dalam konferensi ini, juga dibahas tentang berbagai inovasi sastra, bahasa, budaya dan pengajarannya di era digital.

Konferensi yang tiap rutin diadakan setiap tahun ini, juga bertujuan sebagai pertukaran ilmu pengetahuan, pendidik dan pengiat sastra. Selain itu, adanya ini diharapkan akan menambah wawasan baru bagi para peserta.

Terutama dalam mengembangkan bidang keilmuan, pengiat kajian sastra, budaya, bahasa dan pengajarannya.(TI)