Menu

Perbaiki Pertanian, Peternakan Unikama Gelar Lomba dan Ekspo

UNIKAMA –Sering sekali kita temui sistem pertanian di Indonesia masih belum terlalu baik perkembangannya. Oleh karena itu, Program Studi (Prodi) Peternakan Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) bekerjasama dengan senat mahasiswa Peternakan menggelar lomba dan ekspo peternakan yang pertama kalinya. Hal tersebut dilakukan untuk mengajak mahasiswa membuat ide-ide baru di bidang pertanian.

Acara tersebut digelar di Aula Sarwakirti (16/5) total 8 mahasiswa dari berbagai jurusan dan juga perguruan tinggi di Malang untuk mempresentasikan esai mereka. Esai yang dibuat sangat bagus dan memunculkan ide-ide baru. Hal tersebut bisa dilihat dari dasar-dasar esai yang mereka buat, tidak sembarangan esai mereka berlatarbelakang dari sumber terpecaya.

Salah satunya esai dari Wahyu Chandra Nugroho mahasiswa Politeknik Pertanian Malang, yang membahas tentang pentingnya para petani untuk bersatu.

“Selama ini kita lihat petani itu pasti beternak juga, nah itu tidak bisa dipisahkan. Namun kurangnya mereka bergerak masih skala perseorangan, sangat kecil lingkupnya,” ungkap Wahyu.

Jika petani membentuk kelompok bertani dan juga beternak dengan para petani lain, resiko yang dihasilkan akan semakin kecil. Hal ini diprediksi bisa memberikan dampak yang positif bagi para anggotanya.

Wahyu juga menambahkan bahwasannya dengan berkelompok mereka bisa membentuk unit-unit usaha untuk hasil pertaniannya. Tak lepas dari itu mereka juga membutuhkan uluran tangan pemerintah atau badan khusus untuk mendampingi. Ide baru seperti inilah yang diharapkan muncul dan memberikan angin segar bagi pertanian di Indonesia.

“Kami berharap bisa menyadarkan masyarakat dan memberikan mereka edukasi untuk lebih berkontribusi memajukan pertanian Indonesia,” jelas ketua pelaksana lomba, Anjelina Kumisani. (ash)