Menu

Perlakukan Maba Unikama dengan Humanis

UNIKAMA– Sambut mahasiswa baru Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) lakukan kegiatan pengenalan kehidupan kampus. Kegiatan ini berupa Program Pengenalan Pendidikan Tinggi (P3T) bagi mahasiswa baru yang berlangsung di Aula Sarwakirti Unikama.

Dengan mengangkat tema “Membangun Sikap dan Perilaku Mahasiswa, dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0” tema ini sudah di instrusikan dari Dikti. Tujuan P3T kali ini untuk membekali mahasiswa tidak berupa teori saja, tetapi bagaimana mengimplementasi ketike mereka terjun dilapangan.

Kegiatan P3T Unikama ini menyiapkan mahasiswa baru dalam memasuki era baru dalam proses pembangunan bangsa ketika sudah dibekali dengan ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap, karakter, ungkap rektor Unikama Dr. Pieter Sahertian, M.Si.

Selamat datang di Unikama, kampus multikultural yang dinilai tinggi nasionalisme untuk membentuk kepribadian yang cinta tanah air. P3T ini ingin memberi informasi, karena ini merupakan proses transisi dari pendidikan menengah memasuki pendidikan tinggi,” ujarnya.

Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa memiliki karakter dan inisiasi untuk menciptakan idealisme agar mampu beradaptasi dengan lingkungan. Tiga asas diperankan dalam P3T kali ini, keterbukaan, demokrasi, dan humanis. Informasi yang diberikan selama P3T semua serba terbuka. Sehingga maba yang berasal dari berbagai daerah di Unikama bisa terjalin kebersamaan.

“Perlakukan mahasiswa dengan prinsip humanis, demokratis dan keterbukaan. Dengan demikian, mahasiswa akses kebutuhannya secara terbuka,” tambahnya.

Sementara itu, kepala biro kemahasiswaan Ayu Asmah, M.Pd. mengungkapkan  banyak hal yang diberikan kepada mahasiswa baru mengenai kedisiplinan dan mengerjakan tugas. Selain itu materi motivasi, skill supaya mahasiswa logis dan kritis.

Peminat paling banyak masih diungguli Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) terutama prodi PGSD. Enam fakultas yang ada di Unikama, diantaranya Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, serta Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Peternakan.

Selain materi mengenai tata kelola dan organisasi kemahasiswaan yang ada di Unikama, juga pengenalan Fakultas dan Prodi. Ditutup dengan kegiatan terjun lapang menanam Toga di lingkungan kelurahan Bandungrejosari yang berlokasi di belakang balai desa dan RT 08.

“Harapan saya mahasiswa betul-betul mempunyai kemampuan untuk menggali potensi, mengembangkan bakat dan prestasi. Jadi harus bisa membagi waktu mana belajar mana organisasi, dan jangan jadi mahasiswa kupu-kupu,” tuturnya. (inka/mat)