Menu

Siap Cetak SDM Unggul di Era Revolusi Industri 4.0, Unikama gelar P3T 2019/2020

UNIKAMA – Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) sambut mahasiswa dengan menggelar Program Pengenalan Pendidikan Tinggi (P3T) dengan tema “Membentuk Mahasiswa Unggul di Era Revolusi Industri 4.0” hari ini (09/09) di Gedung Sarwakirti. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Pendidikan Tinggi Persatuan Guru Republik Indonesia (PPLP-PT PGRI Malang), Wakil Rektor, Dekan, dan Pejabat Struktural. P3T ini akan dilakukan selama lima hari yakni 09 – 13 September 2019 untuk mahasiswa regular dan 14 – 15 September 2019 untuk mahasiswa kelas karyawan.

“P3T ini digelar untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan persaudaraan antar sivitas akademika, selain itu juga merupakan moment yang tepat untuk menanamkan pendidikan karakter kepada mahasiswa baru,” ungkap Dr. Joice Soraya, SH., M.Hum selaku Wakil Rektor III pada sambutannya.

Materi yang akan disampaikan selama P3T ini antara lain, memuat tentang pembinaan kesadaran bela negara, sistem pendidikan dan penyesuaian diri di perguruan tinggi, organisasi, kegiatan kemahasiswaan, pengembangan konsep diri, prestasi dan kepedulian sosial, serta pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan daya saing sesuai dengan kearifan lokal yang konstruktif dan produktif. Kegiatan yang dimulai pukul 06.00 – 17.00 ini melibatkan para dosen, mahasiswa, tenaga pendidikan dan pejabat kota malang yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi Perguruan Tinggi.

Sementara itu Wakil Rektor IV Umiati Jawas Ph. D memaparkan bahwa tema P3T kali ini berhubungan dengan revolusi industri 4.0. “Semua berbasis online tinggal bagaimana kita menyikapi dan mengikuti perubahan yang ada, masa depan ada di tangan anda tinggal bagaimana anda semua merancang masa depan itu. Unikama siap membantu anda untuk meraih masa depan,” tukasnya.

Ada 1.053 mahasiswa yang mengikuti P3T tahun 2019/2020. Kegiatan ini dimulai dengan tarian khas Dayak Kalimantan Timur yang ditampilkan secara apik oleh 4 mahasiswi Unikama, sedangkan dua mahasiswa baru ditunjuk sebagai perwakilan pemasangan atribut kegiatan P3T oleh Wakil Rektor IV dan diikuti oleh seluruh peserta mahasiswa P3T. Pembukaan P3T ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua PPLP-PT PGRI Malang Drs. Soedja’i dan diharapkan dengan adanya kegiatan P3T ini mahasiswa baru dapat semakin mengenal kampus dengan baik dan menumbuhkan rasa kecintaan sebagai kampus almamaternya.