Menu

Tempat Cuci Tangan Menjadi Kontribusi Mahasiswa KKN Unikama

Unikama – Pentingnya menjaga kebersihan merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam pencegahan virus Covid-19 saat ini. Terkadang masih banyak masyarakat yang belum menyadari hal itu. Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) kelompok 42 dari Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) yang berada di Desa Mororejo Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan mencoba untuk membantu masyarakat mencegah penyebaran Covid-19 di daerah tersebut.

Isra Pawela selaku Ketua KKN menerangkan bahwa ia dan kelompoknya membantu untuk membuatkan tempat cuci tangan.

“Pembuatan tempat cuci tangan ini dilakukan karena kurangnya tempat cuci tangan didesa tersebut dan juga sekaligus sebagai bentuk usaha mahasiswa KKN Unikama Desa Mororejo dalam membantu masyarakat mencegah penularan wabah Covid-19,” ungkapnya.

Sebanyak 30 tempat cuci tangan yang dibuat oleh mahasiswa KKN Unikama Desa Mororejo. Pembuatan tempat cuci tangan membutuhkan waktu 5 hari dimulai dari penentuan titik lokasi, pembelian bahan, pembuatan sampai pada pemasangan dititik yang ditentukan seperti Sekolah, tempat Ibadah, Balai Desa, Balai Dusun dan juga disetiap gang masuk.

“Dana kegiatan pembuatan tempat cuci tangan didapat dari hasil  pengumpulan uang dari masing masing anggota kelompok, dikarenakan bahan dan alat yang dibutuhkan harus dibeli mengingat bahan tersebut sulit didapat dari barang bekas yang ada didesa. Bahan yang digunakan juga sederhana, diantaranya jerigen, lem, kran air dan botol bekas, dan sunlight,” paparnya.

Seluruh anggota kelompok KKN Unikama Desa Morerojo sangat bersemangat dalam melakukan Proker (Program kerja) perdana mereka. Dikarenakan kerjasama dan kekompakan yang dibangun oleh seluruh anggota sehingga proker perdana ini dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat. Kegiatan tersebut juga mendapat apresiasi dan ucapan terima kasih dari pemerintah desa beserta masyarakat Desa Mororejo.

Pak Ngatoyo selaku Kepala Desa menyatakan bahwa ia sangat berterimakasih atas apa yang telah diberikan mahasiswa KKN Unikama untuk Desa Mororejo.

“Dengan adanya tempat cuci tangan tersebut masyarakat dapat lebih mudah mencuci tangan setelah melakukan kegiatan sehari hari. Bahkan, sampai detik ini khususnya mayarakat Desa Mororejo belum ada yang tertular Covid-19, mudah mudah bisa bertahan sampai selesainya pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Kelompok KKN 42 ini berharap, usaha kecil yang dilakukan ini dapat membantu pencegahan penyebaran Covid-19 dan dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan di masa pandemi ini.