Menu

Tingkatkan Mutu Dosen, Datangkan Narsum Malaysia

UNIKAMA – Melihat peluang kerjasama di bidang penelitian internasional, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar seminar International research Collaboration di ruang Abdoel Rajab Gedung Multikultural II, kemarin.

Dalam kegiatan ini, Unikama bekerja sama dengan perkumpulan Ahli dan Dosen republik Indonesia (ADRI) dan mendatangkan narasumber dari Universitas Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM), yaitu Prof. Wahyu Mulyo Utomo, Ph.D.

Prof. Wahyu pun menjelaskan mengenai betapa pentingnya menjalin kerja sama untuk melakukan penelitian. Menurut dia, dasar penelitian terbagi menjadi beberapa unsur. Di antaranya, ide, referensi, data, analisis, pengetahuan, desain, peralatan yang mendukung, hingga hasil penelitian.

Jika unsur tersebut dibagi dan ditugaskan kepada anggota secara adil, kerja sama pun akan terjalin maksimal. “Tantangan terbesar dalam kolaborasi penelitian adalah pembagian job description yang adil,” jelas Prof. Wahyu.

Seminar ini diikuti beberapa mahasiswa semester akhir Unikama dan dosen yang tergabung dalam ADRI. Di antaranya, dosen Universitas Brawijaya (UB), Unitomo Surabaya, Universitas 45 Surabaya, dan masih banyak dosen dari universitas lain yang tergabung dalam ADRI.

Harapan besar dari seminar ini adalah adanya dukungan, khususnya dari pemerintah untuk lebih memberikan apresiasi kepada para peneliti. “Penelitian dilakukan tidak untuk kebutuhan finansial. Sebab, penelitian itu lebih pada bagaimana peneliti bisa menghasilkan karya,” jelas Ketua Bidang 4 ADRI JawaTimur Erik Teguh Prakoso, M.Pd, Kons.

Untuk menunjang terciptanya Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, pengembangan, dan pengabdian pada masyarakat, Unikama terus menggandeng ADRI dan UTHM.

Selain bekerja sama dalam seminar ini, Unikama juga bekerja sama dalam berbagai bidang, salah satunya kerja sama pertukaran mahasiswa.

“Setelah seminar ini, kami berharap, dosen Unikama melakukan kerjasama lanjutan yang positif dibidang akademik dengan Prof. Wahyu dan para dosen dari Univertsitas lain,” pungkas Wakil Rektor IV Unikama, Dr. Sujito, MPd. (erem)