Menu

Tulis Karya Ilmiah Tentang Pembersih Gulma, Mahasiswa Unikama Dapatkan Best Paper

Unikama – Di tengah pandemi Covid-19 ini tidak menyurutkan semangat mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) untuk terus berprestasi. Tiga mahasiswa Unikama yang tergabung dalam UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Penalaran Unikama berhasil mendapatkan Best Paper saat mengikuti LKTIN (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional) yang diadakan oleh Politeknik Negeri Samarinda, Sabtu (18/07/2020) secara online. Tiga mahasiswa tersebut ialah Indrianti Yuliani ES dari Program Studi (Prodi) Akuntansi, Mulia Yustika Sari dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Teguh Dwi Pramono dari Prodi Sistem Informasi.

Indrianti Yulian ES menerangkan bahwa ia dan temannya membuat karya tulis tentang SI-GUDI. Ini merupakan aplikasi pembersih gulma padi berbasis mikrokontrol android .

“Awal kami menulis karya tulis ilmiah ini adalah saat mengikuti UKM Penalaran dengan melakukan observasi di Desa Tangkilsari Kecamatan Tajinan. Saya dan teman-teman melihat banyak sekali gulma padi dan mereka masih membersihkannya secara manual,” ungkapnya.

Oleh karena itu, mereka membuat karya tulis ilmiah dan merancang aplikasi SI-GUDI ini untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Desa Tangkilsari.

“Aplikasi ini sangat mudah digunakan, nantinya akan ada mesin kecil seperti mobil remot dan para petani bisa mengaplikasikannya melalui smartphone android dengan mendownload aplikasi SI-GUDI. Sehingga, petani tidak perlu lagi untuk turun langsung membersihkan gulma. Cukup menggunakan aplikasi ini petani bisa mengontrol mesin yang akan berjalan membersihkan gulma padi,” paparnya.

Banyak sekali manfaatnya, selain meningkatkan kesejahteraan petani, aplikasi Si-GUDI ini juga dapat menghemat waktu, tenaga dan juga pengeluaran para petani. Petani tidak perlu lagi membayar orang untuk membersihkan gulma, petani tidak perlu lagi untuk datang ke sawah untuk membersihkan gulma karena aplikasi SI-GUDI ini juga bisa di pakai untuk mengkontrol mesin dari rumah.

Ia berharap aplikasi yang mereka rancang ini dapat diciptakan dalam dalam bentuk nyata dan dapat digunakan oleh petani untuk membersihkan gulma padi. Memang perlu disempurnakan lagi, tetapi aplikasi ini akan sangat bermanfaat sekali kedepannya bagi kesejahteraan petani.

Dengan mendapatkan Best Paper ini, mereka juga berharap kedepannya bisa lebih baik lagi menulis suatu karya ilmiah yang isinya akan bermanfaat untuk masyarakat. Selain itu, mereka juga dapat memotivasi mahasiswa Unikama untuk terus berkarya meskipun di tengah pandemi Covid-19.