Menu

Unikama Ajak Peternak Berinovasi dan Berkembang

UNIKAMA – Fakultas Peternakan Universitas Kanjuruhan Malang (FAPET Unikama), menggelar Kuliah Tamu yang bertema ”Gebrakan Peternakan di Era Revolusi Industri 4.0”. Kuliah Tamu yang berlangsung di Auditorium Multikultural dihadiri dosen dan mahasiswa peternakan serta berbagai PT dan komunitas yang bergerak di bidang peternakan.

Sebagai Pemateri Ir. H. Yudi Guntara Noor, Pemilik PT. Agro Investama
menjelaskan, era industri menjadi tantangan besar untuk kalangan peternak. Mereka dituntut untuk mampu berinovasi agar bisa berkemabang. “Tentunya dengan memanfaatkan sarana teknologi yang ada terutama di sektor market places,” ujarnya.

Cara memasarkan ternak konvensional untuk para peternak generasi milenial sudah bukan zamannya lagi. Segala bentuk perubahan di era industri 4.0 terjadi dengan singkat. Maka penggunaan sarana teknologi menjadi sangat penting.

“Kalau dulu antara peternak dengan pembeli harus bertatap muka, saat ini sudah tidak perlu lagi. Transaksi jual beli bisa dilakukan antar kota, antar pulau bahkan antar negera dengan sangat cepat, tidak perlu bertemu,” terang Ketua Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia ini.

Mahasiswa Fakultas Peternakan Unikama dihimbau untuk memanfaatkan teknologi seperti internet maupun smartphone harus dikembangkan sebagai sarana pemasaran. “Kalau tidak kita akan tertinggal, karena untuk mengetahui kondisi ternak saja sudah bisa dilakukan dengan video live, tidak perlu meninjau langsung ke lokasi,” tuturnya.

Yudi mengungkapkan, dimasa mendatang Indonesia dengan jumlah penduduknya yang semakin besar, akan mengalami permasalahan sumber pangan. Untuk menyikapi masalah tersebut, maka berternak mutlak dilakukan untuk meningkatkan produktivitas.

Perkembangan teknologi yang tidak dapat dibendung, memaksa para peternak untuk berinovasi. Dengan melakukan perubahan yang lebih baik dengan cara-cara yang lebih efektif. “Harus segera menyesuaikan dengan kemajuan zaman dengan menggunakan cara yang lebih modern baik proses maupun saat memasarkan ternak,” tambahnya.

Sementara itu, dekan Fakuktas Peternakan Unikama, Dr. Enike Dwi Kusumawati mengatakan, kuliah tamu digelar untuk merubah mainset para mahasiswa. Bahwa menjadi PNS bukanlah satu-satunya jalan untuk menjadi sejahtera.

Dunia peternakan mempunyai masa depan yang menjanjikan bagi para peternak yang memiliki jiwa entrepreneur. “Melalui kuliah tamu ini kami ingin memotivasi mahasiswa untuk menjadi peternak yang kreatif dan cerdas,” katanya.

Sebelum acara kuliah tamu, terlebih dahulu dilakukan kerjasama dalam bentuk MoU antara Fakultas Peternakan Unikama dengan beberapa perusahaan peternakan. Antara lain PT. Agro Investama, PT. Berkah Abadi, PT. Bersama Kita Bisa, HPDKI, Komunitas Ayam Hias dan Ikatan Sarjana Peternakan.

Enike menjelaskan, tujuan MoU antara lain di bidang penelitian, program magang mahasiswa, pengabdian masyarakat dan penempatan kerja bagi mahasiswa. “Kami berharap akan memberikan perubahan positif dan saling menguntungkan,” harapnya. (empe)