Menu

Unikama Fasilitasi Mahasiswa Jadi Pengusaha Melalui PPK

UNIKAMA – Memberdayakan dan melibatkan mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan kewirausahaan merupakan hal yang positif. Maka dari itu, Unikama (Universitas Kanjuruhan Malang) memfasilitasi mahasiswa melalui PPK (Program Pengembangan Kewirausahaan). Dalam Program ini mahasiswa yang lolos recruitment tenant akan mendapatkan pelatihan kewirausahaan, observasi di mitra industri/umkm, serta pendampingan untuk memulai dan menjalankan usaha.

Dalam program ini tentunya PPK meiliki target tersendiri. Ada 5 target yang akan dicapai yaitu adanya 5 wirausaha baru mandiri dengan penerapan iptek digital marketing yang siap terjun di masyarakat tiap tahunnya, terciptanya networking tenant dengan stakeholders antara lain Dinas Koperasi dan UMKM, Disperindag, serta sistem Student Business Development Unit (SBDU) sebagai unit layanan PPK yang sudah teruji dengan handal.

Tahun ini PPK baru dibuka, dengan jumlah mahasiswa yang berpastisipasi adalah 20 calon tenant yang berasal dari 4 alumni dan 16 orang mahasiswa aktif yang sedang merintis usaha maupun yang akan melakukan usaha. Ada beberapa bidang usaha yang dijalankan mahasiswa Unikama mulai dari jasa sampai penjualan produk.

Alexius Endy Budianto, S.Kom, MM selaku Ketua Ketua Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) menerangkan selain bantuan stimulus pendanaan usaha, fasilitas yang didapatkan oleh peserta dalam program ini adalah pemberian berbagai pelatihan untuk mendukung pengembangan usaha.

“Nantinya mereka akan berkolaborasi dengan praktisi pelaku wirausaha baik dari industri maupun UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) sebagai tempat studi banding seperti UMKM pengolahan salak Winarno, Kampung kue, maupun industri/umkm lain yang relevan dengan jenis usaha/ ide bisnis mahasiswa/alumni,” ungkapnya.

Ia berharap berbagai fasilitas yang didapatkan oleh peserta dapat membantu pengembangan usaha mereka, dan membangun semangat berwirausaha yang berkelanjutan di dalam program PPK Unikama. “Ini merupakan upaya nyata guna mewujudkan kewirausahaan di lingkungan kampus,” tuturnya.