Menu

Unikama Tingkatkan Kualitas Akademik Mahasiswa Melalui Workshop

UNIKAMA – Memiliki lulusan yang berkuaslitas dan mampu bersaing dalam memajukan dunia Pendidikan merupakan hal yang selalu diwujudkan oleh Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, Program Pasacasarjana (PPS) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mengadakan Workshop dengan Tema “Peningkatan Kualitas Akademik Mahasiswa”. Kegiatan yang dilakukan Kamis (17/10) di Auditorium Multikultural diikuti oleh 74 mahasiswa Strata 2 (S2) dari Program Studi (Prodi) Magister Manajemen (MM), magister Ilmu Pengetahuan Sosial (MIPS), dan Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI).

Dr. Lilik Sri Hariani, M.Ak menuturkan bahwa kegiatan workshop ini termasuk dalam Program Kerja (Proker) Pascasarjana. “Workshop kali ini tujuannya utamanya adalah agar mahasiswa bisa menulis artikel dan bisa publish nantinya, tidak hanya sekedar menulis saja. Kegiatan ini tidak hanya satu, untuk kegiatan kedua ada seminar, karena mahasiswa kami rata-rata adalah guru. Yang namanya guru juga harus bisa menjadi pemimpin, jadi bagaimana cara mendidik murid yang baik. Kemudian nanti rangkaian ketiga untuk klinis, jadi peserta yudisium atau wisudawan itu nanti ada kegiatan untuk klinis proposal. Ada sekitar 10 Dosen untuk mengklinis proposal, masing-masing Dosen mengklinis empat sampai lima mahasiswa saja,” jelasnya.

Workshop ini menghadirkan tiga pemateri yakni dr. Arief Alamsyah Nasution, M.A.R.S., yang datang untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa S2 tentang bagaimana menjadi pribadi yang baik dan berfikiran positif dalam segala hal. Pemateri kedua, yakni Dr. Sugeng Haryanto, S.E., MM yang memberikan materi tentang penulisan artikel Ilmiah. Sedangkan Pemateri yang ketiga Engelberthus Kukuh Widijatmoko, M.Pd yang mensosialisasikan pentingnya publikasi jurnal.

Sementara itu, Dr. Endah Andayani, S.Pd., MM. selaku Direktur PPS menambahkan bahwa kualitas lulusan itu sangat penting dan selalu menjadi prioritas PPS. “Kita tetap berkomitmen bagaimana Pasca ini memberikan kualitas lulusan yang jauh lebih baik. Kita selalu berbenah dari tahun ke tahun dan memberikan penguatan salah satunya dalam penyusunan artikel yang selama ini menjadi persoalan utama,” pungkasnya.

Bermula dari aturan pemerintah terkait kewajiban menyusun artikel, Pihak PPS menyiapkan mahasiswa dalam penulisan artikel yang lebih baik dan berkualitas dari periode-periode sebelumnya.

“Nantinya jurnal artikel mahasiswa akan kita masukkan kedalam Jurnal Penelitian Pendidikan IPS (JPPI) atau kita akan masukkan article mereka dalam Seminar Nasional. Seminar Nasional ini rencananya akan kami adakan di tahun 2020 yang juga sekaligus untuk mewadahi jurnal dari mahasiswa. Kami juga memiliki Asosiasi Asean Education Symposium (AES) yang akan di laksanakan di UPI tahun 2020, semoga sebagian artikel dari mahasiswa kita masuk proceeding International yang terbit oleh Side press, Seminar nasional dan kita wadahi di JPPI,” terangnya.

Workshop ini diikuti oleh mahasiswa PPS yang akan di yudisium, untuk tahun ini PPS meluluskan 47 mahasiswa S2 Prodi IPS. Tetapi, dalam workshop ini bisa diikuti oleh semua Prodi S2 Program Pascasarjana.