Menu

Perbaiki Kualitas Berkelanjutan, Prodi Sastra Inggris Unikama di Visitasi

UNIKAMA – Setiap Program Studi (Prodi) di Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) memiliki nilai tersendiri. Salah satu yang menarik dan selalu dilihat orang dalam Perguruan Tinggi adalah akreditasi jurusan. Kemarin (21/5) Tim asesor Badan Akreditasi nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) lakukan visitasi di Prodi Sastra Inggris Unikama. Ada dua asesor yang datang yaitu, Dr. Adi Sutrisno, MA dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Francis Borgias Alip, M.Pd., MA, dari Universitas Sanata Dharma.

Visitasi yang dilakukan di ruang A-1 dan A-2, asesor memulai dengan berkeliling gedung Unikama yang diikuti oleh Dekan, kaprodi dan Dosen. Setelah itu baru pemeriksaan berkas-berkas untuk akreditasi.

“Akreditasi dilakukan untuk meningkatkan kualitas prodi Sastra Inggris. Tidak hanya kualitas, tetapi SDM dosen, sarana dan layanan juga harus lebih ditingkatkan lagi. Proses akreditasi hari ini berjalan lancar, semua kriteria yang ditetapkan dan berkas-berkas sudah disiapkan,” ungkap Dr. Teguh Sulistyo, M.Pd. kaprodi Sastra Inggris.

Saat ini prodi Sastra Inggris sendiri terakreditasi B, dan melakukan re-akreditasi. Dengan ini diharapkan bisa meningkat menjadi A atau bisa juga tetap B, harap Dr. Nujiono, S.Pd., M.Pd Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra.

Salah satu yang dilakukan mendata lulusan dan lulusan tersebut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang semakin berkualitas di tahun 2020, penelitian di tahun 2023 dan fakultas di tahun 2025.

Tim asesor juga memberikan saran yang sangat mebangun dan akan dijadikan motivasi menuju Quality Continous Improvement atau perbaikan kualitas yang berkelanjutan. (ash)