Menu

Wisuda Daring Unikama, Luluskan 1.397 Mahasiswa

Unikama – Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar wisuda sarjana dan pascasarjana semester ganjil dan semester genap TA. 2019/2020, Sabtu (31/10/2020) secara Dalam Jaringan (Daring). Hal ini dikarenakan masih berlangsungnya pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia, khususnya Indonesia.

Wisuda kali ini memang berbeda dibandingkan dengan wisuda di tahun-tahun sebelumnya. Wisudawan mengikuti acara prosesi dengan menggunakan aplikasi zoom yang terbagi menjadi dua link zoom dan masyarakat umum dapat menyaksikan gelaran wisuda tahun ini menggunakan live streaming youtube Universitas Kanjuruhan Malang.

Dengan tidak mengurangi euforia kegembiraan para wisudawan. Kegiatan wisuda ini digelar sejak pukul 8.30 dan diikuti secara khitmad oleh seluruh peserta dengan menggunakan pakaian toga secara lengkap.

Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) meluluskan 1.397 wisudawan di tahun ini, yang terdiri dari 595 dari mahasiswa semester ganjil dan 802 dari semester genap dari 20 program studi, yakni 17 prodi S1 dan 3 prodi S2.

Rektor Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) Dr. Pieter Sahertian, M.Si menjelaskan, wisuda secara Daring tahun 2020 merupakan peristiwa monumental. Sebab Unikama baru pertama kali mengadakan wisuda secara Daring. “Berbangga dan berbahagialah karena kalian semua diberi kesempatan mengukir sejarah di Unikama. Selama 45 tahun masa pengabdian Unikama, wisuda tahun ini merupakan peristiwa yang monumental.” Jelasnya di acara sambutan.

Meskipun dilaksanakan dengan keterbatasan, diharapkan wisudawan tetap semangat dan optimistis dalam menghadapi masa yang saat ini sulit dan berdampak terhadap berbagai hal akibat covid 19. Terus mengasah potensi untuk menghadapi tantangan baru di dunia kerja.

Ia menjelaskan bahwa para wisudawan telah melewati proses pembelajaran dalam suka dan duka. Dari hasil upaya itu, Unikama memberikan pengakuan akademik selembar ijazah yang nantinya akan begitu banyak makna dan manfaatnya.

“Manfaatkanlah ijazah yang diperoleh tersebut untuk mulai berkarier sesuai dengan pendidikan dan keahlian masing-masing. Membuka karya nyata, membangun dan bermanfaat untuk masyarakat dan bangsa Indonesia serta dunia pada. Kalian semua merupakan bagian 75 persen dari penduduk yang masuk angkatan kerja pada 2030 ketika Indonesia memasuki bonus demografi. “ tambahnya.

Berkaca pada Negara-negara maju, Rektor menegaskan para wisudawan nantinya harus terus meningkatkan kemampuannya serta mempertajam berbagai macam literasi. Sebab modal itu tentunya akan memberikan kebermanfaatan dalam hidup ke arah yang lebih baik

“Saya titipkan nama baik almamater lewat para alumni dengan tetap meningkatkan etos kerja dan integritas dengan tetap memegang teguh nilai-nilai norma yang berlaku. Belajar dari kemarin, hidup untuk hari ini, dan berharap untuk besok. Yang penting jangan sampai berhenti bertanya.” Tambahnya

Sementara itu perwakilan wisudawan, Armando Gianfrancho Orlando Nguru dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika menyampaikan bahwa sangat senang sekali karena dapat mengenyam pendidikan di kampus yang luar biasa ini.

“Kesan saya selama menempuh pendidikan di Unikama, kampus ini selalu mendukung penuh setiap mahasiswa yang ingin berprestasi. Fasilitas yang disediakan mampu mewadahi untuk mendukung pendidikan kami, baik akademik maupun non akademik, sehingga mahasiswa bisa berproses penuh dan berkualitas.” Tutupnya.