UNIKAMA – Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) gelar rapat terbuka senat sekaligus pembukaan rangkaian acara Dies Natalis ke-42, kemarin. Acara ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, ketua Kopertis Wilayah VII, dan banyak lagi petinggi di wilayah Jawa Timur, kota Malang dan juga kota Batu.

Selain itu, rektor Unikama ‎Dr. Pieter Sahertian, M.Si., ‎m‎emberikan laporan tahunan perkembangan kampus selama setahun terakhir ini. Dalam laporannya, ia menjelaskan banyak progres yang telah dicapai oleh Unikama hingga saat ini.

“Dies natalis ini merupakan perenungan perjalanan kita saat dimana kita turun, stagnan maupun meningkat. Namun kita patut bersyukur karena Unikama sudah mencapai banyak kemajuan,” tuturnya senang saat membuka acara.

Salah satu perkembangan yang paling menarik, tahun ini rektor menyebutkan Unikama sedang melakukan proses pengkajian untuk membuka laboratorium baru berbasis terpadu.

“Kami sedang lakukan pengembangan laboratorium lapang intergrated farming milik Fakultas Peternakan,” ujarnya saat memberikan laporan terbuka.

Hampir 80% fasilitas di kampus ini dimiliki oleh jurusan Sosial dan Humaniora, sedangkan untuk jurusan SAINTEK masih belum memiliki banyak fasilitas, mengingat jumlah fakultas untuk jurusan ini juga masih terbatas. Untuk itu, pihaknya sangat bersemangat untuk mempersiapkan segala hal yang diperlukan dalam pembukaan laboratorium baru ini.

Kendati memiliki kapasitas yang cukup besar yakni hampir 80 meter persegi, pengisian fasilitas dalam laboratorium ini akan dilakukan secara bertahap.

“Dilakukan kajian dan juga banyak persiapan untuk pembukaan ini, saat ini kapasitasnya kan besar namun diisi sebagian dulu dan kami akan terus melakukan pengembangan,” tambah dia. (inka)

Berjalan 42 Tahun, Banyak Kemajuan