Kegiatan Co-Teaching Prodi PG PAUD Unikama, Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa dalam Memahami Perkembangan Anak Usia Dini

Unikama – Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menyelenggarakan kegiatan Co-Teaching bertajuk Perkembangan Peserta Didik pada Jumat (8/11/2024). Acara ini menghadirkan dua narasumber berkompeten, yaitu Dr. Hanggara Budi Utomo, S.Psi, dosen Psikologi Universitas Negeri Malang, dan Henni Anggreini, M.Psi, dosen PG PAUD Unikama, yang memberikan materi seputar perkembangan psikologis dan pendidikan anak usia dini. Kegiatan ini dirancang untuk memperkuat pemahaman mahasiswa PG PAUD Unikama dalam menangani perkembangan anak usia dini secara tepat.

Ketua Program Studi PG PAUD Unikama, Dr. Siti Muntomimah, M.Pd., mengungkapkan pentingnya kegiatan Co-Teaching ini bagi mahasiswa

Ketua Program Studi PG PAUD Unikama, Dr. Siti Muntomimah, M.Pd., mengungkapkan pentingnya kegiatan Co-Teaching ini bagi mahasiswa. Menurutnya, pemahaman tentang perkembangan anak merupakan salah satu fondasi utama yang harus dimiliki oleh calon pendidik, khususnya di jenjang anak usia dini.

“Co-Teaching ini sangat bermanfaat karena mahasiswa dapat belajar langsung dari pakar psikologi dan praktisi pendidikan anak. Melalui kegiatan ini, mereka diharapkan memiliki pemahaman yang lebih komprehensif tentang perkembangan peserta didik dan mampu menerapkan strategi pendidikan yang sesuai,” ujarnya.

Antusiasme mahasiswa dalam mengikuti Co Teaching bersama dengan Henni Anggreini, M.Psi., dosen PG PAUD Unikama, dan Dr. Hanggara Budi Utomo, S.Psi., dosen Psikologi Universitas Negeri Malang

Henni Anggreini, M.Psi., dosen PG PAUD Unikama, menambahkan bahwa pendekatan psikologis dalam memahami perkembangan anak menjadi kunci utama dalam mendidik anak usia dini. Ia berharap mahasiswa dapat memahami lebih dalam pentingnya peran guru sebagai pendamping dan fasilitator dalam perkembangan emosi, sosial, dan kognitif anak.

“Banyak tantangan yang dihadapi dalam pendidikan anak usia dini, terutama dalam memahami perilaku dan kebutuhan mereka yang unik. Dengan memahami tahapan perkembangan psikologis mereka, calon guru akan lebih siap untuk memberikan stimulasi dan interaksi yang tepat sesuai dengan kebutuhan anak,” kata beliau.

Dr. Hanggara Budi Utomo, S.Psi., dosen Psikologi Universitas Negeri Malang, menjelaskan pentingnya sensitivitas terhadap kebutuhan individual setiap anak.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Hanggara Budi Utomo, S.Psi., dosen Psikologi Universitas Negeri Malang, menjelaskan pentingnya sensitivitas terhadap kebutuhan individual setiap anak. Ia juga mengapresiasi semangat mahasiswa PG PAUD Unikama dalam belajar dan berinteraksi selama kegiatan berlangsung, yang menurutnya merupakan tanda positif untuk menjadi pendidik profesional di masa depan.

“Anak usia dini memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Pemahaman yang mendalam tentang psikologi anak akan membantu calon pendidik untuk mengenali potensi dan tantangan yang dihadapi oleh masing-masing anak,” jelas Dr. Hanggara.

Kegiatan Co-Teaching ini mendapat sambutan antusias dari para mahasiswa yang aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab dan diskusi. Melalui materi yang disampaikan oleh kedua narasumber, mahasiswa mendapatkan wawasan baru tentang pendekatan psikologis yang dapat diaplikasikan dalam pendidikan anak usia dini. Acara ini diharapkan mampu memberikan tambahan pengetahuan serta keterampilan praktis yang relevan dengan dunia pendidikan anak, sekaligus menjadi bekal penting bagi mahasiswa dalam menghadapi dinamika pembelajaran di masa depan.