Akreditasi Terkini Jadi Fokus, Unikama Undang Pakar UM Bahas Instrumen LAMDIK Versi 2.0

Unikama – Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Kanjuruhan (Unikama) Malang, menyelenggarakan kegiatan peninjauan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) pada Selasa (17/06/2025). Acara yang digelar di Ruang Abdoel Radjab ini dihadiri oleh Dekan serta Ketua Program Studi se-Unikama, menunjukkan komitmen universitas dalam meningkatkan kualitas pendidikan.  

Kegiatan ini menghadirkan narasumber ahli, Prof. Dr. Subanji, M.Si., dari Universitas Negeri Malang, yang membahas akreditasi program studi S1, PPG, S2, dan S3 Pendidikan menggunakan Instrumen Versi 2.0. Prof. Subanji juga merupakan Tim Pengembang di Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK), sehingga memberikan pemahaman mendalam tentang standar akreditasi terbaru.  

(dari kanan) Wakil Rektor II, Dr. Choirul Huda, M.Si.; Rektor Unikama, Dr. Sudi Dul Aji, M.Si.; Prof. Dr. Subanji, M.Si., dari Universitas Negeri Malang; dan Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Dr. Retno Marsitin, M.Pd.

Rektor Unikama, Dr. Sudi Dul Aji, M.Si., turut memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan ini. Beliau menekankan pentingnya pemahaman terhadap instrumen akreditasi terbaru guna mempersiapkan asesmen lapangan dengan lebih optimal. Hal ini sejalan dengan upaya Unikama untuk meningkatkan mutu program studi melalui akreditasi yang berkualitas.  

“Kegiatan ini sangat penting untuk menyiapkan program studi dalam menghadapi akreditasi menggunakan instrumen terbaru LAMDIK, sekaligus memperkuat penerapan kurikulum berbasis OBE guna meningkatkan kualitas lulusan.” tegas beliau.

Rektor Unikama memberikan cindera mata kepada Prof. Subanji

Kegiatan ini lebih mengacu pada pengenalan instrumen terbaru dari LAMDIK yang digunakan dalam proses asesmen lapangan terkait akreditasi program studi. Kehadiran Dekan dan seluruh Ketua Program Studi se-Unikama dinilai sangat penting untuk menyamakan persepsi dan strategi dalam menghadapi evaluasi akreditasi mendatang.  

Melalui kegiatan ini, Program Studi Pendidikan Matematika Unikama dan program studi lainnya diharapkan dapat menyusun kurikulum yang lebih relevan dan berorientasi pada capaian pembelajaran, sekaligus mempersiapkan diri menuju akreditasi yang lebih baik. Sinergi antar program studi dan dukungan dari pemangku kebijakan diharapkan memperkuat posisi Unikama sebagai perguruan tinggi unggul di bidang pendidikan.