Benchmarking Kurikulum PAUD Nasional, Unikama Undang Ketua Asosiasi PG PAUD Indonesia

Unikama – Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Kanjuruhan (Unikama) Malang menyelenggarakan kegiatan peninjauan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) pada Kamis (8/8/2025). Acara yang digelar di Ruang Abdoel Radjab ini tidak hanya dihadiri oleh dosen dan tim kurikulum, tetapi juga melibatkan perwakilan mahasiswa, alumni, serta stakeholder dari lembaga PAUD dan dinas pendidikan terkait. Kolaborasi multipihak ini bertujuan untuk mendapatkan masukan komprehensif dalam penyusunan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan.

Sebagai narasumber utama, hadir Prof. Dr. Sofia Hartati, M.Si., Ketua Asosiasi PG-PAUD Indonesia sekaligus Guru Besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Dalam pemaparannya, Prof. Sofia menekankan pentingnya sinergi antara akademisi, praktisi, dan pengguna lulusan dalam pengembangan kurikulum OBE.

“Keterlibatan stakeholder, termasuk mahasiswa dan alumni sebagai end-user kurikulum, sangat penting untuk memastikan keselarasan antara teori di kampus dengan kebutuhan riil di lapangan,” tegasnya.

Dr. Cicilia Ika Rahayu Nita, M.Pd., Dekan FIP Unikama (tengah) menyatakan bahwa keterlibatan aktif semua pihak dalam kegiatan ini mencerminkan komitmen untuk menerapkan link and match antara dunia akademik dan dunia kerja


Workshop penyusunan rencana pembelajaran berbasis OBE menjadi highlight acara, dimana dosen, mahasiswa, dan stakeholder bersama-sama merumuskan capaian pembelajaran. Dr. Cicilia Ika Rahayu Nita, M.Pd., Dekan FIP Unikama, dalam sambutannya menyatakan bahwa keterlibatan aktif semua pihak dalam kegiatan ini mencerminkan komitmen untuk menerapkan link and match antara dunia akademik dan dunia kerja.

“Kami sangat menghargai kontribusi stakeholder, alumni, dan mahasiswa yang telah meluangkan waktu untuk berbagi pemikiran dalam diskusi ini.” ungkap beliau

Kegiatan ini berlangsung interaktif dengan diskusi intensif dari berbagai perspektif. Seorang perwakilan mahasiswa menyampaikan aspirasi tentang pentingnya public speaking dan peningkatan kreativitas di PAUD, sementara alumni membagikan pengalaman tentang kompetensi yang paling dibutuhkan di dunia kerja.

“Masukan dari mahasiswa dan alumni sangat berharga bagi kami. Mereka adalah bukti nyata output kurikulum kami sekaligus mitra strategis dalam perbaikan berkelanjutan.” terang Dr. Siti Muntomimah, M.Pd., Ketua Program Studi PG-PAUD Unikama