Unikama – Sebanyak 25 siswa dari MI Alam Bilingual Hamalatul Quran Amanah mendapatkan pengalaman belajar langsung yang berkesan di luar kelas melalui kunjungan ke Laboratorium Model Prodi PGPAUD, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama). Kunjungan edukatif ini berlangsung pada Rabu (5/11/2025) diikuti pula oleh tiga orang guru pendamping. Rombongan disambut dengan hangat oleh para dosen dan mahasiswa universitas, menandai dimulainya hari yang penuh dengan eksplorasi dan penemuan.
Kedatangan para siswa dan guru disambut langsung oleh Dr. Siti Muntomimah, S.Pd., M.Pd., selaku Ketua Program Studi PGPAUD Unikama, beserta Dosen PGPAUD Unikama, Dhirgan Grudhowaringin, M.Pd. Tidak hanya itu, empat mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PGPAUD juga turut serta mendampingi dan memandu seluruh kegiatan. Sambutan yang hangat ini menciptakan atmosfer yang bersahabat dan penuh semangat bagi para peserta kunjungan.
Sesi pertama kunjungan berlangsung di laboratorium indoor, di mana para siswa diperkenalkan pada berbagai macam media pembelajaran inovatif yang dirancang khusus untuk anak usia dini. Melalui media-media tersebut, mereka diajak untuk belajar sambil bermain, yang secara khusus bertujuan untuk menstimulasi dan mengembangkan aspek kognitif (pengetahuan) dan afektif (sikap) mereka. Antusiasme terlihat jelas dari raut wajah para siswa saat berinteraksi dengan alat peraga yang beraneka ragam. Kegiatan kemudian dilanjutkan di playground untuk mengasah aspek psikomotorik mereka dengan bermain bebas.
Menanggapi kunjungan ini, Dr. Siti Muntomimah, S.Pd., M.Pd., menyampaikan kegembiraannya.
“Kami sangat mengapresiasi kunjungan dari MI Alam Bilingual Hamalatul Quran Amanah. Laboratorium kami dirancang sebagai ruang eksplorasi bagi anak-anak. Melalui kegiatan seperti ini, kami tidak hanya ingin menunjukkan berbagai media pembelajaran, tetapi juga menginspirasi guru dan calon pendidik tentang pentingnya pembelajaran yang menyentuh semua aspek perkembangan anak,” ujar beliau.
Di sisi lain, Ustadzah Khonsa Tazkiyah S., salah satu guru pendamping dari MI Alam Bilingual, mengungkapkan rasa terima kasihnya.
“Alhamdulillah, kunjungan ini sangat membekas bagi anak-anak. Mereka tidak hanya senang, tetapi juga belajar banyak hal baru. Melihat langsung praktik baik yang diterapkan di PGPAUD Unikama memberikan kami perspektif segar dan ide-ide kreatif yang dapat kami adaptasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah kami,” tuturnya.
Kegiatan ini pun ditutup dengan harapan dapat terjalin kerja sama yang berkelanjutan antara kedua institusi pendidikan tersebut.
Related posts:
- Dari KKN untuk Desa, Unikama Serahkan Website Profil untuk Percepat Digitalisasi Desa Wadung
- Program Hibah Unikama Optimalkan Pemasaran Digital Susu Desa Clumprit
- Filsafat untuk Gen Z, Unikama Bangun Fondasi Kritis lewat Kearifan Lokal
- Alvonsus Glori, Alumni Unikama, Diakui Pejabat Nasional sebagai Aset Langka Pendidikan


