Menu

Angkat Tema Penguatan Character Building di Era Revolusi Industri 4.0, Unikama Luluskan 1.078 Mahasiswa

UNIKAMA – Sebanyak 1.078 mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) melakukan prosesi wisuda yang digelar di Gedung Sarwakirti. Kegiatan ini dilakukan selama dua hari yakni Sabtu (19/10) dan Minggu (20/10). Di hari pertama sebanyak 542 mahasiswa dan di hari kedua 536 mahasiswa, terdiri dari 21 Program Studi dan 7 Fakultas termasuk Pascasarjana dan Program Profesi Guru (PPG).

Dr. Sudi Dul AJi, M.Si selaku Wakil Rektor I menerangkan bahwasannya PPG sudah dua tahun berjalan, sekarang ini ada 25 PPG Pra Jabatan (Prajab) yang mengikuti wisuda. “Dalam 25 wisudawan ada 3 mahasiswa PPG Dalam Jabatan (Daljab) yang mengikuti wisuda sekarang. Mereka semua mengambil Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD),” terangnya saat Press Conference.

Sementara itu, Rusfandi, Ph. D selaku Ketua Pelaksana Wisuda juga menjelaskan bahwa banyaknya wisudawan maka dari itu acara di bagi menjadi dua periode. “Di hari Sabtu ada 411 wisudawan dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), 4 wisudawan dari Fakultas Hukum (FH), 55 wisudawan dari Fakultas Peternakan (Fapet), 47 wisudawan dari Pascasarjana dan 25 wisudawan dari PPG. Sedangkan untuk hari Minggu ada 164 wisudawan dari Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), 203 wisudawan dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST) kemudian 179 wisudawan dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB). hal ini kami lakukan agar prosesi wisuda lebih efektif,” paparnya.

Tidak ada satupun Universitas yang mengajarkan hal-hal yang bertentangan dengan kaidah-kaidah kebaikan yang universal. Karena itulah nilai-nilai kujujuran, kebenaran, dan keadilan seharusnya tertanam pada diri setiap lulusan. Untuk itulah acara wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019 ini Unikama mengambil tema “Penguatan National Character Building Melalui Pendidikan di Era Rovolusi Industri 4.0”

“Tema ini bukan sesuatu yang relatif baru , tetapi kami ingin terus membunyikan lonceng peringatan kepada kita semua sebagai bangsa, teristimewa para pelaku pendidikan, agar kita tetap waspada ketika berada dalam suatu rezim sosial yang didalamnya dihadapkan dengan perubahan sebagai akibat dari kemajuan IPTEK,” ungkap Rektor Unikama Dr. Pieter Sahertian, M.Si dalam sambutannya.

Kali ini Unikama mendatangkan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jatim yakni Prof. Dr. Soeprapto, DEA dalam sambutannya ia juga memuji Unikama sebagai kampus yang sungguh-sungguh dalam mendidik mahasiswanya. “Unikama merupakan kampus yang mendidik mahasiswanya dengan penuh kasih sayang. Tanpa adanya kasih sayang ilmu sebanyak apapun tidak akan pernah bisa diserap oleh mahasiswa. Unikama juga kampus yang memenuhi syarat baik formal maupun non-formal dalam hal belajar dan mengajar. Jadi, tidak heran kampus ini selalu masuk ranking 30 Universitas terbaik di Kota Malang,” tuturnya.

Tak lupa ia juga memberikan selamat kepada wisudawan atas berhasilnya meraih gelar Sarjana. “Manfaatkanlah ilmu yang anda dapatkan dan sebarkan agar ilmu tersebut selalu mengalir. Selamat kepada wisudawan semoga sukses meraih masa depan,” tambahnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam kegiatan wisuda mahasiswa beprestasi juga diberikan penghargaan. Untuk tahun ini Wisudawan dengan IPK terbaik jenjang Strata 1 diraih oleh FIP Asrita Septianingrum Prodi BK dengan IPK 3, 86, Fapet Ranisa Safitri dengan IPK 3,83, FH Niko Dimus Hendra Prodi Ilmu Hukum IPK 3.40. Sedangkan untuk Program Pascasarjana Strata 2 yakni Dwi Andriyana dengan IPK 3,89 Prodi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Tidak lupa masing-masing mahasiswa tersebut maju didampingi oleh kedua orang tua untuk diberikan penghargaan, bersalaman dan foto bersama dengan Rektor beserta Senat Mahasiswa.