Mengasah Skill Digital, Pengalaman Mahasiswa PGSD Unikama di GreatEdu

Unikama – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama), Nurul Azizah, telah sukses menyelesaikan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MSIB) Batch 5 di PT. GreatEdu Global Mahardika. Program yang berlangsung dari 14 Agustus hingga 31 Desember 2023 ini berfokus pada pengembangan teknologi Blockchain dalam pengelolaan sampah di Indonesia.

Dalam program ini, Nurul aktif belajar melalui dua metode pembelajaran yang berbeda. Metode pertama adalah pembelajaran mandiri yang dilakukan melalui aplikasi GreatEdu, sementara metode kedua berupa pembelajaran online yang dilaksanakan melalui zoom meetings. Setiap hari Sabtu, kegiatan mentoring diadakan untuk setiap kelompok dengan mentor yang berbeda-beda. Di kelas Blockchain, peserta dibagi menjadi tiga kelompok untuk memantau progres dan mendiskusikan kesulitan yang dihadapi.

Nurul Azizah memulai MSIB di GreatEdu

“Mentornya masih muda, berkompeten di bidangnya, dan selalu sabar untuk membimbing kelompok. Jujur, saya sebagai mahasiswa lintas jurusan merasa takut saat dinyatakan lolos dari program ini. Namun, setelah mengikuti kelas, saya menyadari bahwa semuanya tidak semengerikan yang saya bayangkan karena kami dibimbing dari dasar,” ungkap Nurul Azizah.

Menjelang akhir program, kelompok-kelompok yang ada dibagi lagi menjadi lima kelompok kecil untuk menyelesaikan Tugas Akhir. Nurul dan timnya memilih fokus pada bidang lingkungan dengan proyek “KOSTA ECO – KOST KONTAINER RAMAH LINGKUNGAN” berbasis Blockchain. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengelolaan sampah dengan memanfaatkan teknologi terkini.

Project ramah lingkungan oleh Nurul Azizah bersama dengan rekannya sebagai bagian tugas akhir di GreatEdu

Selain menyelesaikan Tugas Akhir, peserta program juga diberikan kesempatan untuk memperoleh sertifikasi kompetensi di bidang Junior Web Developer melalui kolaborasi PT. GreatEdu dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Meskipun berasal dari jurusan yang berbeda-beda, semua mahasiswa berhasil lolos dan layak mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai Junior Web Developer,” puji Pak Indra Kelana Jaya, penguji kompetensi di program tersebut.

Nurul Azizah, Mahasiswa PGSD Unikama, menjelaskan bahwa kolaborasi lintas disiplin dapat mendorong inovasi

Pengalaman Nurul Azizah dalam Program MSIB Batch 5 menunjukkan bahwa kolaborasi lintas disiplin dapat mendorong inovasi dan solusi untuk permasalahan lingkungan, sekaligus memperkuat kompetensi mahasiswa dalam menghadapi tantangan di era digital.