Kolaborasi Lintas Kampus, Unikama dan Universitas Santu Paulus Ruteng Bahas Optimalisasi Pembelajaran Digital

Unikama – Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) sukses menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) selama dua hari pada 24-25 Agustus 2024. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pertemuan pada Selasa (6/8/2024) lalu yang juga melibatkan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, dengan tujuan utama membahas mengenai Learning Management System.

Pada hari pertama, 24 Agustus, Unikama mengundang Dr. Made Daundana Kartika Degeng, M.Pd., sebagai pembicara utama. Dalam sesi tersebut, beliau membahas Penyusunan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Digital Beserta Implementasinya. Materi ini difokuskan untuk membantu para pendidik dalam merancang media pembelajaran yang lebih menarik dan relevan di era digital.

Foto bersama dengan Pemateri Dr. Made Daundana Kartika Degeng, M.Pd., di hari pertama

Sementara itu, pada hari kedua, 25 Agustus, Akhmad Zaini, S.Kom., MT., diundang untuk membahas topik yang tidak kalah penting, yaitu Optimalisasi Penggunaan SPADA Indonesia: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Pengajaran di Era Digital. Pembahasan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para peserta tentang pemanfaatan platform pembelajaran daring yang dikelola oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Foto bersama dengan Pemateri Akhmad Zaini, S.Kom., MT., di hari kedua

Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Unikama, Dr. Retno Marsitin, M.Pd., memberikan tanggapan positif terhadap pelaksanaan FGD ini. Beliau menyampaikan harapannya agar acara ini dapat membawa dampak signifikan dalam peningkatan kualitas pengajaran di lingkungan Unikama dan institusi mitra.

“Kami berharap, melalui FGD ini, para dosen dapat lebih mengoptimalkan teknologi dalam proses pembelajaran sehingga dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih dinamis dan efektif bagi mahasiswa,” ujar beliau.

Dengan adanya FGD ini, Unikama menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dan memperkuat kolaborasi lintas institusi dalam rangka memajukan pendidikan di era digital.