Mahasiswa PG-PAUD Unikama Dalami Konsep PAUD Inklusi melalui Co-Teaching

Unikama – Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) mengadakan kegiatan Co-Teaching pada Rabu (20/11/2024). Acara ini bertujuan memperluas wawasan mahasiswa mengenai konsep dan penerapan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Inklusi. Kegiatan tersebut menghadirkan Dr. Ike Dwi Astuti, S.Psi., M.Psi., seorang dosen dari Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang, yang berbagi pengetahuan dan pengalamannya terkait PAUD Inklusi.

Ketua Program Studi PG-PAUD Unikama, Dr. Siti Muntomimah, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud komitmen program studi dalam memberikan bekal kompetensi yang relevan kepada mahasiswa.

(mulai dari kiri) Dr. Ike Dwi Astuti, S.Psi., M.Psi., dari Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang; Dekan FIP, Dr. Cicilia Ika Rahayu Nita, M.Pd.; serta Kaprodi PG PAUD Unikama, Dr. Siti Muntomimah, M.Pd.

“Kami ingin mahasiswa memahami pentingnya inklusivitas dalam pendidikan anak usia dini. Melalui Co-Teaching ini, kami berharap mereka mampu menghadirkan suasana belajar yang mendukung semua anak, termasuk yang memiliki kebutuhan khusus,” ujarnya.

Pada sesi diskusi, Dr. Ike Dwi Astuti menjelaskan berbagai aspek penting dalam PAUD Inklusi, seperti pendekatan psikologis dan metode pembelajaran yang adaptif. Ia juga menekankan perlunya kolaborasi antara guru, orang tua, dan tenaga pendukung untuk mendukung keberhasilan PAUD Inklusi.

Dr. Ike Dwi Astuti, S.Psi., M.Psi. sedang menyampaikan materi ke mahasiswa mengenai pendidikan inklusi di lingkungan PAUD

“PAUD Inklusi bukan hanya tentang memberikan akses pendidikan kepada anak berkebutuhan khusus, tetapi juga bagaimana kita menciptakan lingkungan belajar yang ramah, mendukung, dan setara bagi semua anak,” ungkapnya.

Mahasiswa yang hadir turut aktif berdiskusi dan bertanya mengenai implementasi PAUD Inklusi di Indonesia. Dr. Ike memberikan berbagai contoh praktis yang dapat diterapkan di kelas, termasuk cara menciptakan metode pembelajaran yang inklusif dan efektif. Interaksi yang dinamis ini menciptakan suasana belajar yang inspiratif dan membuka wawasan baru bagi para mahasiswa.

Salah satu mahasiswa PG PAUD Unikama sedang bertanya

Kegiatan Co-Teaching ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa PG-PAUD Unikama mengenai pentingnya PAUD Inklusi dalam mendukung perkembangan optimal anak. Acara ini sekaligus menunjukkan peran aktif PG-PAUD Unikama dalam mengembangkan pendidikan anak usia dini yang inklusif dan berkualitas.