UNIKAMA – Program Studi (Prodi) Sistem Informatika (SI) dan Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) berhasil menggelar Sosialiasi Pendampingan Digitalisasi Marketing bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kegiatan diselenggarakan di Ruang Abdoel Radjab pada Jumat (24/02/2023) dan di ikuti kurang lebih 50 mahasiswa Unikama dan pelaku UMKM Se – Malang Raya.
Dalam sosialisasi ini Prodi SI dan PPKn Unikama turut mengundang perusahaan tersertifikasi dari Google yaitu PT. Tanama Persada Nusantara untuk memberikan materi mengenai digitalisasi marketing.
Engelbertus Kukuh Widijatmoko, SH., M.Pd., selaku sekretaris Prodi PPKn yang mewakili Unikama mengucapkan banyak terima kasih kepada PT. Tanama Persada Nusantara telah hadir menjadi pemateri pada sosialisasi ini.
Pemateri PT. Tanama Persada Nusantara, Selamet Nur Yono di dalam materinya menjelaskan digitalisasi marketing khususnya bagi UMKM sangatlah penting.
“Perlu diketahui 10-15 tahun lagi saya pastikan semua transaksi didunia ini memakai digital. Di era digital saat ini, digitalisasi marketing sudah menjadi keharusan bagi bisnis yang ingin tetap bersaing dan berkembang.” terangnya.
Dengan memanfaatkan teknologi digital, bisnis dapat meningkatkan keefektifan dan efisiensi kampanye pemasaran. Sebagai contoh, strategi digitalisasi marketing dapat mencakup penggunaan media sosial, email marketing, mesin pencari, iklan digital, dan website yang dioptimalkan. Dalam hal ini, teknologi membantu bisnis menjangkau lebih banyak orang dalam waktu yang lebih cepat dan dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional.
Nopi Purdyawati selaku perwakilan dari Pihak UMKM berharap dengan diadakannya sosialisasi ini pelaku UMKM bisa mendapatkan insight untuk memulai men-digitalkan usaha mereka dan perlu diadakan pelatihan lagi untuk mendorong berkembangnya UMKM di dunia digital.
No related posts.